Unit Penjaminan Mutu (UPM)

Agus Kurniawan

Agus Kurniawan, S.T, M.T

Manager SPMI


Politeknik ATMI Surakarta menyadari bahwa penerapan Good University Governance (GUG) merupakan titik awal perbaikan dan penjaminan mutu untuk mewujudkan akuntabilitas dan transparansi dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi. Oleh sebab itu, untuk mewujudkan GUG di Politeknik ATMI Surakarta, penerapan Sistem Penjaminan Mutu merupakan suatu keharusan dan wajib. Untuk hal tersebut, Politeknik ATMI Surakarta membentuk suatu unit penjaminan mutu (UPM) dengan nama unit sistem penjaminan mutu internal (SPMI).

Unit SPMI Politeknik ATMI Surakarta memiliki visi "Menjadi unit penjaminan mutu terbaik yang mampu mengawal Politeknik ATMI Surakarta menuju perguruan tinggi berwawasan pada profesional, kejujuran, kepedulian, loyalitas dan inovatif serta bereputasi International". Unit SPMI Politeknik ATMI Surakarta terdiri dari 1 orang manajer dan 1 orang staff SPMI. Manajer SPMI melaporkan kegiatan penjaminan mutu internal dan eksternal langsung kepada Direktur Politeknik ATMI Surakarta. Unit SPMI ini berkoordinasi dan berkolaborasi dengan wakil direktur, kepala program studi, kepala unit kerja, administrasi akademik institusi dan Biro Adiministrasi Akademik (BAAK) program studi dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, mengendalikan dan meningkatkan standar mutu yang ada dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 

Unit SPMI Politeknik ATMI Surakarta mengembangkan sistem penjaminan mutu berbasis on line. Semua dokumen berupa kebijakan mutu, manual mutu, standar mutu, instruksi kerja, formulir dan rekaman hasil kegiatan dikendalikan secara on line melalui website www.spmi.atmi.ac.id. Data di website www.spmi.atmi.ac.id dapat digunakan sebagai data pendukung ketika ada audit dari pihak eksternal antara lain BAN-PT dan lembaga penjaminan mutu internasional seperti TUV. Politeknik ATMI Surakarta tetap menjadi perguruan tinggi vokasi yang favorit dan terdepan di Indonesia dalam bidang manufakturing dan plastik.

Visi

Menjadi Unit Penjaminan Mutu terbaik yang mampu mengawal Politeknik ATMI Surakarta menuju perguruan tinggi berwawasan pada profesional, kejujuran, kepedulian, loyalitas dan inovatif serta bereputasi internasional.

Misi

  1. Mengembangkan dan mengimplementasikan SPMI di Politeknik ATMI Surakarta secara berkelanjutan.
  2. Membudayakan SPMI pada setiap unit kerja di Politeknik ATMI Surakarta.

  1. Menjaga mutu internal Politeknik ATMI Surakarta sesuai dengan standar nasional pendidikan perguruan tinggi (SNP-PT) yang ditentukan oleh Berdasarkan UU No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi dan Permendikbud No. 62 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.
  2. Menetapkan, melaksanakan, mengevaluasi, mengendalikan dan meningkatkan standar mutu, intruksi kerja dan formulir yang menjadi bagian dari standar pendidikan.
  3. Mengembangkan dan meningkatkan mutu pusat data Politeknik ATMI Surakarta sesuai dengan aspek pada sistem pendidikan tinggi.
  4. Menjadi sistem monitoring dan evaluasi sistem pendidikan di Politeknik ATMi Surakarta sehingga dapat memenuhi SNP-PT dan sesuai dengan perkembangan jaman dan kebutuhan masyarakat.
  1. Visi, Misi dan Tujuan yang ditetapkan oleh Politeknik ATMI Surakarta sebagai target yang ingin dituju.
  2. Bersama-sama stake holder baik internal maupun eksternal membangun komitmen untuk menjalankan penjaminan mutu pendidikan.
  3. Bersama-sama civitas akademik menetapkan sasaran mutu dan operation plan Politeknik ATMI Surakarta yang SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant and Timely).
  4. Menetapkan standar mutu Politeknik ATMi Surakarta berlandaskan pada SNP-PT.
  5. Menyusun pedoman, instruksi kerja dan formulir secara bertahap dan berkesinambungan.
  6. Melakukan monitoring dan evaluasi setiap satu bulan sekali.
  7. Melakukan audit mutu internal (AMI) di institusi dan program studi minimal 1 tahun sekali.
  8. Melakukan tinjauan manajemen setiap 1 tahun sekali.
  9. Melakukan sistem pendokumentasian secara baik dan benar sehingga mudah untuk ditelusuri dan dilakukan secara periodik serta berkesinambungan.

Unit SPMI dalam struktur organisasi Politeknik ATMI Surakarta merupakan unit yang langsung dibawah Direktur Politeknik ATMI Surakarta. Struktur organisasi unit kerja SPMI sendiri tidak dibuat karena hanya terdiri dari 1 manajer dan 1 staff SPMI. Hanya saja, unit SPMI berkoordinasi dan berkolaborasi dengan wakil direktur, kepala program studi, kepala unit kerja, administrasi akademik institusi dan Biro Adiministrasi Akademik (BAAK) program studi dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, mengendalikan dan meningkatkan standar mutu yang ada dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

Romo Agus Sriyono

T. Agus Sriyono, S.J, MA, M.Hum

Direktur Politeknik ATMI Surakarta


R. Joko Priyono, ST, M.Pd

R. Joko Priyono, ST, M.Pd

Wadir 1

(Bid. Akademik)

Iskandar, S.E

Iskandar, S.E

Wadir 2

(Bid. Administrasi & Keuangan)

ST  Agus Wijayanto, S.S.,M.Th

ST Agus Wijayanto, S.S.,M.Th

Wadir 3

(Bid. Kemahasiswaan)

FX Suryadi, DIPL. ING. FH

FX Suryadi, DIPL. ING. FH

Wadir 4

(Bid. Kerjasama)

Agus Kurniawan

Agus Kurniawan, S.T, M.T

Manager SPMI


Dinita Christy P

Dinita Christy P,A.Md

Staff SPMI


Theo Sudarmaji, S.T

Theo Sudarmaji, S.T

Auditor

Ana Ningsih, S.T., M.Eng

Ana Ningsih, S.T., M.Eng

Auditor

Yohanes Sugiarto, Ing.FH

Yohanes Sugiarto, Ing.FH

Auditor


Y. Oscar Andrian, S.T

Y. Oscar Andrian, S.T

Auditor

H.Prin Pujianto, S.T

H.Prin Pujianto, S.T

Auditor

Bayu Prabandono, S.T, M.T

Bayu Prabandono, S.T, M.T

Auditor


Fenty Pandansari, S.T, M.Eng

Fenty P, S.T, M.Eng

Auditor

Adi Nugroho Th, S.T, M.T

Adi Nugroho Th, S.T, M.T

Auditor