“Penelitian” dan “Pengabdian” kepada Masyarakat komponen Tridharma ATMI Surakarta di Monev Oktober

07-12-2018 03:12:35

Berita

Politeknik ATMI Surakarta telah melaksanakan tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikn, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat mulai dilaksanakan 3 tahun belakangan ini. Pelaksanaan terebut sesuai dengan standar 7 BAN PT terkait penelitian, pengabdian masyarakat dan kerjasama. Monev bulan Oktober 2018 bertemakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tema ini dibahas pada forum diskusi monev bulan Oktober 2018. Selain itu, unit kerja SPMI Politeknik ATMI Surakarta juga tetap mengecek dan memastikan ketercapaian operation plan yang telah ditetapkan untuk bulan Oktober 2018.

Monev Oktober 2018 dilakukan di ruang meeting Mikael pada tanggal 9 November 2018 dari jam 14.00 – 16.00. Kegiatan ini dihadiri 19 peserta dari 29 undangan yang terdiri dari direktur, wakil direktur, kepala program studi, manager dan kepala bengkel. Susunan acara dimulai dari pembukaan (doa), menyanyikan lagu mars ATMI, informasi SPMI, informasi operation plan, forum diskusi kinerja politeknik, informasi manajemen, dan penutup.

Pencapaian laporan Monev Politeknik ATMI Surakarta pada bulan September 2018 adalah 41,84% dari target 48,51%. Untuk laporan operation plan di bulan Oktober 2018 pencapaiannya adalah 51,89% dari target 57,59% dengan jumlah laporan operation plan 8 laporan dan 1 laporan belum valid. Bulan Oktober 2018, kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain FGD visi dan misi serta seminar terkait metode pembelajaran online. Untuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat diperlukan format baku dari dikti. Telah dibuat tim untuk penulisan penelitian tiap prodi. Minimal tiap tahun Politeknik ATMI Surakarta bisa update datanya dan diajukan ke DIKTI. Dosen menjadi pendamping dalam penelitian tersebut. Selain itu, berita acara terkait ketidaksesuaian terutama mahasiswa yang bermasalah di setiap prodi harus dibuat agar informasi yang diterima dari bawah sampai atas sama. Telah disiapkan juga ruang konsultasi untuk mendampingi mahasiswa memiliki permasalahan sehingga pendampingannya lebih baik. Perlu adanya tindakan lain terkait para peminjam (terutama karyawan) yang belum mengembalikan alat, dimana tidak bisa meminjam sebelum alatnya yang telah dipinjam dikembalikan dulu. Informasi terkait alat, peminjaman telah dibatasi maksimal 1 – 2 minggu barang harus dikembalikan. Pihak CT akan berkoordinasi lagi dengan Wadir 2 terkait hal ini. Terkait “konsultasi” untuk mahasiswa yang bermasalah telah dibentuk tim konselor. Tim konselor membutuhkan legalitas (SK) agar dapat mendampingi mahasiswa dengan maksimal.

Berbagai acara akan dilaksanakan di bulan November 2018 antara lain leadership 1, spmb, monev LLDIKTI dan rembug vokasi. Mohon dukungan dari seluruh civitas akademik sehingga acara dapat berjalan dengan lancar. Mari kita bangun komunikasi yang baik dan tepat sehingga koordinasi kegiatan disemua aktifitas yang ada diPoliteknik ATMI Surakarta dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai yang diharapkan. Tema untuk monev November 2018 adalah mahasiswa dan lulusan.


Sumber : SPMI Politeknik ATMI Surakarta