“Pemimpin” dan “Pemuda” Menjadi Hal Pokok Pembahasan Dalam Monev Politeknik ATMI Desember 2019

02-04-2019 01:04:59

Berita

“Pemimpin” dan “Pemuda” merupakan komponen yang penting dalam suatu perguruan tinggi. “Pemimpin” berkaitan pada tata kelola, tata pamong dan kerjasama dalam suatu perguruan tinggi termasuk Politeknik ATMI Surakarta sedangkan “Pemuda” berkaitan pada mahasiswa dan tenaga produktif dalam Politeknik ATMI Surakarta. Pemimpin disuatu perguruan tinggi harus dapat memberikan keteladanan dan motivasi kepada seluruh civitas akademik dan sangat peduli terhadap kaum muda. Pemuda atau kaum muda adalah penerus dari bangsa Indonesia yang harus dibekali dengan ilmu dan keahlian. Kaum muda sebagai mahasiswa dilatih kemampuannya bidang manufaktur, mekatronika dan perancangan mesin dengan tujuan lulus, kompeten dan berguna di masyarakat sesuai dengan kemampuannya. Kamu muda sebagai tenaga produktif terus ditingkatkan kompetensinya melalui pelatihan, sertifikasi profesi dan pendidikan formal yang disiapkan sebagai regenerasi di Politeknik ATMI Surakarta. Monev bulan Desember 2018 bertemakan pemimpin dan pemuda. Tema ini dibahas pada forum diskusi monev bulan Desember 2018. Selain itu, unit kerja SPMI Politeknik ATMI Surakarta juga tetap mengecek dan memastikan ketercapaian operation plan yang telah ditetapkan untuk bulan Desember 2018.

Monev Desember 2018 dilakukan di ruang meeting Mikael pada tanggal 16 Januari 2019 dari jam 14.00 – 16.00. Kegiatan ini dihadiri 21 peserta dari 29 undangan yang terdiri dari direktur, wakil direktur, kepala program studi, manajer dan kepala bengkel. Materi pada monev Desember 2018 tetap didapatkan oleh seluruh peserta melalui website spmi.atmi.ac.id. Susunan acara monev dimulai dari pembukaan (doa), menyanyikan lagu mars ATMI, informasi SPMI, informasi operation plan, forum diskusi kinerja politeknik, informasi manajemen, dan penutup.

Pencapaian laporan monev Politeknik ATMI Surakarta pada bulan November 2018 adalah 55,38% dari target 68,06%. Untuk laporan operation plan di bulan Desember 2018 pencapaiannya adalah 60,47% dari target 79,63% dengan jumlah laporan operation plan 11 laporan dan 1 laporan belum valid. Informasi pada monev Desember 2018 antara lain audit mutu internal akan diadakan pada tanggal 18 Februari 2019 dengan alur persiapan, sosialisasi, tahap 1 desk evaluation, tahap 2 pelaksanaan AMI, penyelesaian AMI, evaluasi AMI dan laporan AMI. Terkait mahasiswa, banyak mahasiswa yang nilai kompetensinya kurang kaena banyak mengikuti kegiatan non akademik dimana salah satu solusinya adalah program studi tidak akan memberikan ijin bagi mahasiswa yang nilainya kurang untuk mengikuti kegiatan non akademik. Selain itu, mahasiswa yang bermasalah terjadi di program studi MKT,TPM dan TRMA dengan berbagai kategori kejadiannya. Politeknik ATMI Surakarta melakukan pembinaan dan memberi motivasi agar mahasiswa yang bermasalah termotivasi kembali dan kembali kuliah dengan benar. Terkait dosen, Politeknik ATMI Surakarta akan menyiapkan dan meningkatkan jumlah dosen, jafa dan serdos dalam memenuhi persyaratan dari dikti. Selain itu, perlu adanya peningkatan pengalaman para pengajar melalui studi banding dan pelatihan di bidang Industri. Terkait sarana dan prasarana, unit kerja HK terus melakukan proses penyelesaian ruangan di lantai 3 intercamp guna memennuhi kebutuhan ruangan laboratorium. Berkaitan dengan itu, genset di kampus 2 Politeknik ATMI Surakarta sudah berumur 50 tahun dan perlu peremajaan. Terkait info manajemen, Politeknik ATMI Surakarta telah melakukan berbagai kegiatan bersama seperti Family Gathering, Reuni akbar 50 Tahun ATMI, Terpilihnya pengurus IKAMI, Sarpras: kantor WAP, WAD, ruang CMM, ruang komputer lantai 2, Mesin Festo, Kontrak Pembangunan Gedung Kampus 3 dan S2 lulus: Bp Henri Ismadi dan bp Dwi Setyoko. Proficiat buat Bp Henri Ismadi dan Bp Ant. Dwi Setyoko.

Peningkatan berkelanjutan terus dilakukan oleh Politeknik ATMI Surakarta pada standar mahasiswa, pendidikan dan sarana prasarana demi menjaga mutu Politeknik ATMI Surakarta. Tema untuk monev Januari 2018 adalah visi, misi, sasaran dan startegi pencapaian.





Sumber : SPMI Politeknik ATMI Surakarta