“Menjadi Pribadi yang Lebih Baik” pada Monev September 2023

31-10-2023 03:15:51

Berita

Setiap orang pasti menginginkan untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari hari-hari kemarin. Opini buruk orang lain seringkali mempengaruhi proses membangun diri menjadi lebih baik. Upaya yang dapat dilakukan untuk memperlancar proses tersebut ialah fokus pada tujuan hidup yang ingin diraih dan mengabaikan opini buruk tersebut. Kegiatan Monitoring Evaluasi (Monev) September 2023 menyampaikan hal – hal penting yang perlu diperhatikan terkait kinerja Politeknik ATMI Surakarta, pencapaian operation plan bulan September 2023, dan hal-hal lain terkait mahasiswa, pendidikan, serta sarana prasarana.

Kegiatan Monev September 2023 dilaksanakan tanggal 27 Oktober 2023 pada pukul 14.00 – 16.00. Kegiatan Monev September 2023 dimulai dengan pembukaan (prakata, doa, dan menyerukan visi dan misi Politeknik ATMI Surakarta), informasi SPMI, informasi pencapaian operation plan, forum diskusi kinerja politeknik (FDKP), dan informasi manajemen yang disampaikan oleh Romo Direktur. Kegiatan Monev ini ditutup dengan doa penutup.

Program Studi D3 TMI telah melakukan akreditasi lapangan pada tanggal 18-19 Oktober 2023. Laporan dari Asesor sudah di upload dan dalam proses memberikan tanggapan oleh Politeknik ATMI Surakarta. Akreditasi D4 TRMK akan diajukan melalui BAN PT, hal tersebut didasarkan pada peraturan BAN PT No 19 Tahun 2022 tentang cakupan akreditasi program studi pada Lembaga Akreditasi Mandiri. SPMI Politeknik ATMI Surakarta hingga saat ini masih memantau sumber daya manusia, data induk mahasiswa, dan pemetaan sistem informasi menggunakan management control system yang telah disiapkan oleh SPMI. Terkait dengan formulir Rencana Pembelajaran Semester, SPMI mengingatkan masing-masing program studi untuk meminta para dosen untuk segera mengupload perangkat perkuliahannya di Sirion. Setelah mengikuti pertemuan PPAVI baru diketahui bahwa ada website untuk mengisi dan memantau IKU Kemdikbud. User dan password akun IKU ini harus setting dari PDDikti dan sampai sekarang belum ada informasi lanjutan terkait hal tersebut. IKU Perguruan Tinggi Kemdikbudristek berjumlah 8 indikator. Pada tanggal 19 - 21 Oktober 2023, SPMI dan Wadir Kerjasama beserta TIM mengisi laman Mitreka kedua di Jakarta. Politeknik ATMI Surakarta mendapatkan nilai indeks sebesar 3,34. Laman ini menguntungkan Politeknik ATMI Surakarta dalam mendata kegiatan Kerjasama. Pelatihan Spiritual Ignasian akan diikuti oleh para wakil direktur dan jajaran manager, direncanakan akan mulai dilaksanakan pada Januari 2024. Prodi D3 TPM mengajukan tambahan tenaga pendidik dan lamaran dibuka hingga tanggal 10 November 2023. Politeknik ATMI memiliki lima buah TV baru yang ditempatkan di Kampus 1 dan Kampus 2. Maisng-masing program studi diminta untuk dapat mengecek daftar fix asset karena aka nada audit dari Yayasan Karya Bakti pada bulan Februari atau Maret 2024. Kursi-kursi di bawah tangga Gonzaga akan segera diperbaiki agar tidak menumpuk di Gonzaga. LPPM mengingatkan untuk dosen-dosen giat dalam melakukan penelitian dan PkM terutama bagi dosen yang mengejar sertifikasi. Direktur Politeknik ATMI berpesan semua bahan ajar yang mengutip dari referensi orang lain harus disertakan keterangan dari mana hal tersebut dikutip dan ditulis dalam daftar pustaka bahan ajar tersebut.

Rapat MONEV bulan September  2023 berjalan dengan lancar. Total peserta yang hadir berjumlah 20 orang. Capaian Operation plan bulan September ini sudah melampaui target. Diharapkan kedepannya semua peserta Monev dapat menyempatkan waktu untuk berdiskusi bersama mengenai OP dan situasi kondisi terbaru yang dialami tiap unit kerja.


Sumber : SPMI - Agus Kurniawan