Perguruan Tinggi Harus Siap Dengan Perubahan di Era 4.0

24-07-2018 11:07:44

Berita

Semarang-kopertis6.or.id - Proses revolusi industri dari I sampai IV tidak sederhana,  ada satu kata kunci yang perlu diperhatikan, yakni semuanya mengarah pada tuntutan evisiensi dalam upaya menekan biaya produksi. Terkait dengan Four Point Zero (4.0) ini, kira-kira mana yang lebih dahulu memperoleh prioritas. “Akhirnya kita putuskan untuk  lima prioritas yang kita coba, yakni sektor makanan dan minuman, tektil dan busana, otomotif, elektronik, obat-obatan.”

Pernyataan ini disampaikan Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartanto yang dalam hal ini diwakili Suryadi dari tim Ahli Kementerian Perindustrian sebagai narasumber dalam Seminar Nasional dengan tema “Peran Perguruan Tinggi Dalam Era Revolusi Industri 4.0” yang diselenggarakan Universitas Semarang di kampus Jl. Alteri Soekarno-Hatta. Kamis, 19 Juli 2018. Adapun narasumber lain, Bambang Soesatyo (Ketua DPR RI), Muladi (Ketua Pembina Yayasan Alumni UNDIP), Arif Satria, Teddy Mantoro, Kesi Widjajanti.

Sementara itu, Bambang Soesatyo pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa hidup di era 4.0 dipandang lebih evisien, segala kebutuhan dapat dilakukan melalui smartphon. “Untuk perguruan tinggi, tidak perlu lagi memiliki fasilitas gedung yang megah dan halaman kampus yang luas karena itu nantinya tidak lagi penting, karena yang terpenting adalah konten.” ungkapnya

Sumber


Sumber : Kopertis 6