“Mahasiswa” dan “Lulusan” Politeknik ATMI Suakarta yang kompeten Di Monev November 2018

18-01-2019 09:01:11

Berita

Mahasiswa dan lulusan merupakan indikator input dan output yang harus dilaksanakan oleh setiap perguruan tinggi. Politeknik ATMI Surakarta sangat peduli terhadap mahasisa terutama kaum muda. Kaum muda adalah penerus dari bangsa Indonesia yang hrus dibekali dengan ilmu dan keahlian. Mahasiswa dilatih kemampuannya di Politeknik ATMI Surakarta pada bidang manufaktur, mekatornika dan perancangan mesin dengan tujuan lulus, kompeten dan berguna di masyarakat sesuai dengan kemampuannya. Monev bulan November 2018 bertemakan mahasiswa dan lulusan. Tema ini dibahas pada forum diskusi monev bulan Oktober 2018. Selain itu, unit kerja SPMI Politeknik ATMI Surakarta juga tetap mengecek dan memastikan ketercapaian operation plan yang telah ditetapkan untuk bulan November 2018.
Monev November 2018 dilakukan di ruang meeting Mikael pada tanggal 11 Desember 2018 dari jam 14.00 – 16.00. Kegiatan ini dihadiri 13 peserta dari 29 undangan yang terdiri dari direktur, wakil direktur, kepala program studi, manager dan kepala bengkel. Peserta yang hadir kurang dari 50% karena pada saat tersebut ada pelaksanaan ujian proposal di beberapa program studi. Walaupun demikian, materi pada monev November 2018 tetap di informasikan ke seluruh peserta melalui kegiatan sosialisasi. Susunan acara Monev dimulai dari pembukaan (doa), menyanyikan lagu mars ATMI, informasi SPMI, informasi operation plan, forum diskusi kinerja politeknik, informasi manajemen, dan penutup.
Pencapaian laporan monev Politeknik ATMI Surakarta pada bulan Oktober 2018 adalah 51,58% dari target 57,59%. Untuk laporan operation plan di bulan November 2018 pencapaiannya adalah 56,38% dari target 68,06% dengan jumlah laporan operation plan 11 laporan dan 2 laporan belum valid. Informasi pada monev November 2018 antara lain akrediatasi program studi dengan menggunakan instrumen 4.0 sudah lebih mendukung pendidikan vokasi (40%) dimana dibutuhkan bukti nyata kegiatan yang dilakukan jadi tidak hanya sekedar dokumen tapi harus ada bukti nyata (foto, bukti hadir). Kegiatan promosi Politeknik ATMI Surakarta ke sekolah menengah juga sekaligus mempromosikan ATMI Cikarang. Politeknik ATMI Surakarta dan ATMI Cikarang merupakan satu kesatuan pendidikan vokasi yang saling mendukung dan membantu. Persaingan masih ketat dimana perguruan tinggi negeri juga membuka D3 dan akademi komunitas (D2) sehingga Politeknik ATMI Surakarta harus melakukan inovasi dalam merekrut calon mahasiswa. Hal yang menggembirakan, mahasiswa Politeknik ATMI Surakarta menjuarai beberapa lomba antara lain lomba Desain MedTech UNY 2018 mendapat peringkat 2 (Serafina) dan 4 (Marvin) dengan pendamping mas Ivan, lomba design traktor di UNNES Semarang mendapatkan peringkat 3 (Dani Elva Risky, Dedy Prasetyo, Petrus Iwan) dengan pendamping Ibu Atika W dan booth terbaik pada pameran PEDP di Polinema Malang. Informasi yang lain adalah pembangunan lantai 3 yang terus dikerjakan karena dibutuhkan untuk perkuliahan, penanganan mahasiswa yang perlu pembinaan lebih, P2M yang telah menerima beberapa hasil TA untuk materi jurnal, koordinasi perkuliahan teori, penerimaan mesin hibah yang cukup banyak (XRF, Acrylic Cutting, mesin Festo), dan terkait regenerasi instruktur yang sangat dibutuhkan. Terkait info manajemen, akhir bulan Desember Politeknik ATMI Surakarta mengadakan Cleaning Besar karena Politeknik ATMI Surakarta libur dari tanggal 21 Desember 2018 sampai 1 Januari 2019 menyambut natal dan tahun baru. Walaupun demikian, kegiatan di Politeknik ATMI Surakarta cukup padat antara lain seminar islamologi, penerbitan jurnal ISSN dan Family Gathering.
Politeknik ATMI Surakarta mengucapkan “SELAMAT NATAL 2018 dan TAHUN BARU 2019” kepada semua civitas akademik.Mari kita sambut Natal dan Tahun Baru dengan suasana baru yang lebih baik, lebih inovatif dan lebih komunikatif menuju Politeknik ATMI Surakarta sebagai “CENTER OF VOKASI”. Tema untuk monev Desember 2018 adalah tata pamong, tata kelola dan kerjasama.



Sumber : SPMI Politeknik ATMI Surakarta