“Menghargai Waktu dalam Kebahagiaan” pada Monev November 2023

19-01-2024 03:33:05

Berita

Waktu yang Tuhan berikan dalam hidup manusia sangatlah berharga. Jika tidak memiliki uang, uang dapat dicari lagi. Apabila baterai habis, baterai dapat diisi ulang kembali. Bagaimana dengan waktu? Waktu yang sudah dilewati tentu saja tidak dapat diulang kembali. Oleh karena itu, sudah sepantasnya manusia menghargai waktu yang dimiliki. Jadi, hargai waktu yang Tuhan berikan dengan hal-hal yang bermanfaat, hindari selisih paham, dan senantiasa memberikan kebahagiaan terhadap sekitar. Kegiatan Monitoring Evaluasi (Monev) November 2023 menyampaikan hal – hal penting yang perlu diperhatikan terkait kinerja Politeknik ATMI Surakarta, pencapaian operation plan bulan November 2023, dan hal-hal lain terkait mahasiswa, pendidikan, serta sarana prasarana.

Kegiatan Monev November 2023 dilaksanakan tanggal 20 Desember 2023 pada pukul 14.00 – 16.00. Kegiatan Monev November 2023 dimulai dengan pembukaan (prakata, doa, dan menyerukan visi dan misi Politeknik ATMI Surakarta), informasi SPMI, informasi pencapaian operation plan, dan forum diskusi kinerja politeknik (FDKP). Kegiatan Monev ini ditutup dengan doa penutup.

Review penilaian hasil akreditasi Program Studi D3 TMI telah dibuat oleh unit kerja SPMI. Hasil sementara dari simulasi yang telah dibuat menghasilkan nilai 385 di mana nilai tersebut sudah memenuhi persyaratan mendapat akreditasi unggul. Hasil akreditasi direncanakan akan diterima pada tanggal 21 Desember 2023. Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Mekatronika akan diajukan melalui BAN PT dan pengajuannya ditargetkan dilakukan pada bulan Maret 2024. Kegiatan AMI tahap 1 sudah dimulai. Kegiatan mengisi dokumen oleh  Auditee tanggal 11 Desember 2023 – 02 Januari 2024. Kegiatan selanjutnya  pengecekkan oleh Auditor tanggal 03 – 13 Januari 2024. AMI Lapangan 15-19  Januari 2023 di ruangan tertentu dan onsite. Standar yang dipakai SNDikti dan Standar Khusus Perguruan Tinggi. Visitasi terkait Sistem Informasi sudah dilakukan pada tanggal 9  November, 14 November, 11 Desember 2023, dan 11 Januari 2024. Unit kerja  yang sudah divisitasi RTM, PM, D2 TMM, TRMK, dan TMI (TPM, TMK – Tugas Luar). Semua SI di unit tersebut sudah diimplimentasikan. Harapannya data terintegrasi di 1 tempat dan unit kerja tinggl ngelinkan ke data tersebut. Sesuai dengan peraturan, Perguruan Tinggi harum memiliki Rencana Induk  Pengembangan (RIP). Setiap perguruan tinggi dapat memodifikasi komponennya  sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi masing-masing. Aspek yang ada di  dalam RIP diharapkan mengandung analisis strategis, nilai dasar, misi, visi,  identifikasi isu, tujuan perguruan tinggi, strategi yang digunakan, dan indikator  kinerja. Dari diskusi program studi terkait mahasiswa dan SDM, perlu diperhatikan mengenai sikap bullying dan kesehatan mahasiswa. Dari diskusi terkait Pendidikan, ada beberapa sikap dan perilaku mahasiswa saat proses pembelajaran yang perlu diperhatikan seperti penggunaan jaket, minum di kelas, bermain game saat pembelajaran, serta sikap duduk mahasiswa di lingkungan kampus.

Rapat MONEV bulan November  2023 berjalan dengan lancar. Total peserta yang hadir berjumlah 16 orang. Capaian Operation plan bulan November ini sudah melampaui target. Diharapkan kedepannya semua peserta Monev dapat menyempatkan waktu untuk berdiskusi bersama mengenai OP dan situasi kondisi terbaru yang dialami tiap unit kerja.


Sumber : SPMI - Agus Kurniawan