"Penghargaan Diri Positif Demi Meningkatkan Rasa Percaya Diri SDM” dalam Monev Agustus 2022

26-09-2022 01:07:20

Berita

PENGHARGAAN diri positif merupakan salah satu kualitas dasar dan terpenting yang dimiliki oleh Pemenang. Kualitas ini terletak jauh di dalam, di balik diri, dan merupakan perasaan bahwa diri Anda berharga. Ucapan negatif yang bertubi – tubi antara lain “Jangan menyela, anak-anak seharusnya diawasi bukan didengarkan!”, “Jangan sentuh, kau belum cukup umur untuk melakukannya!”, “Sini, biar Ayah yang menunjukkan bagaimana cara melakukannya dengan benar!” bisa menimbulkan korban, dan jika dipraktekkan terus menerus, bisa membuat anak menjadi remaja yang bermasalah dan menciptakan jurang antar generasi. Banyak orang yang merasa tersakiti oleh hal – hal kecil yang disebut dengan “kelalaian sosial”. Adalah fakta psikologi yang sudah dikenal bahwa orang – orang yang paling mudah diserang adalah mereka yang memiliki penghargaan paling rendah terhadap diri sendiri, merasa tidak layak, meragukan kemampuan diri, memiliki pendapat jelek tentang diri sendiri, dan cepat merasa iri. Orang yang menghargai dirinya tidak akan memusuhi orang lain, tidak merasakan harus membuktikan apa – apa, bisa melihat fakta secara jelas, dan tidak bergantung pada pernyataannya orang lain. Rasa percaya diri terbentuk dari pengalaman sukses. Saat memulai hal baru, kita biasanya hanya memiliki rasa percaya diri karena belum belajar dari pengalaman bahwa kita sanggup melakukannya. Pemenang fokus pada kesuksesan masa lalu dan melupakan kegagalan. Mereka memanfaatkan kekeliruan dan kesalahan sebagai jalan untuk belajar, lalu menghilangkannya dari pikiran. Kegiatan Monitoring Evaluasi (Monev) Agustus 2022 menyampaikan hal – hal penting yang perlu diperhatikan terkait akreditasi dan pencapaian operation plan bulan Agustus 2022. Beberapa unit kerja yang belum tercapai harus mempresentasikan hambatan yang terjadi dan rencana selanjutnya agar target yang diminta dapat tercapai.
Kegiatan Monev Agustus 2022 dilaksanakan tanggal 21 September 2022 pada pukul 14.00 – 16.00. Kegiatan Monev Juni 2022 dimulai dengan pembukaan (prakata, doa, dan menyerukan visi dan misi Politeknik ATMI Surakarta), informasi SPMI, informasi pencapaian operation plan, forum diskusi kinerja politeknik (FDKP), dan Informasi manajemen oleh direktur Politeknik ATMI Surakarta. Kegiatan Monev ini ditutup dengan doa penutup.
Politeknik ATMI Surakarta melakukan persiapan dan pemantau terkait Akreditasi Institusi dimana masih dalam proses memperbaiki data di PD Dikti dan setelah memperbaiki data tersebut akan segera dilaporkan ke BAN PT untuk dilakukan lagi pemantauan dan evaluasi dari BAN PT. Pada kesempatan itu pula disampaikan bahwa para dosen yang telah mempunyai NIDN wajib membuat laporan beban kerja dosen (BKD) dan yang mengajar teori maupun praktik harus membuat RPS, RPP, dan kontrak perkuliahan yang kemudian di upload di SIRION. Untuk persiapan akreditasi selanjutnya, semua unit kerja melaksanakan kegiatan tridharmanya sesuai dengan rencana strategis (Renstra) Politeknik ATMI Surakarta dan mengupload buktinya ke laman SPMI.
Pencapaian operation plan bulan Agustus 2022 sudah baik dimana ketercapaiannya 36,63% dari target 45,03%. Unit kerja TMI, LPPM dan TRMK telah menginformasikan ketidaktercapaiannya, hambatan dan rencana selanjutnya dalam mencapai target yang diharapkan di bulan berikutnya. Terkait situasi Covid 19 bahwa Politeknik ATMI Surakarta tetap menetapkan status siaga walaupun sudah dapat melepas masker di tempat terbuka. Politeknik ATMI Surakarta akan membuat smart campus dimana semua kegiatan berbasis online. Pada tanggal 29 September 2022 bersama – sama dengan seluruh warga Kolese Mikael akan merayakan Michael Day. Seluruh civitas akademik dapat mendukung kegiatan tersebut. Pembangunan Gedung lantai 3 guna memenuhi sarana dan prasarana yang memadai akan segera dilaksanakan dan masih dalam proses penawaran.
Rapat monev bulan Agustus 2022 berjalan dengan lancar, dihadiri 20 orang peserta. Capaian operation plan bulan Agustus 2022 sudah baik namun berada sedikit di bawah target yang diharapkan. Target bulan Agustus 2022 yang belum tercapai diharapkan dapat dicapai pada bulan September 2022. Politeknik ATMI Surakarta akan merayakan Michael day pada tanggal 29 September 2022. Hal ini dilakukan sebagai ucapan syukur atas apa yang telah diraih sampai saat ini. Mari Bersama – sama kita dukung acara Michael Day demi kejayaan dan kemajuan kolese Michael terutama Politeknik ATMI Surakarta.



Sumber : SPMI - Agus Kurniawan