“Gambaran Diri Yang Dilakukan SDM Memperlihatkan Perilaku Politeknik ATMI Surakarta” dalam Monev Des

07-02-2023 01:04:59

Berita

“GAMBARAN DIRI merupakan kunci utama untuk memahami perilaku manusia”. Mengubah gambaran diri berarti mengubah kepribadian dan perilaku. GAMBARAN DIRI menentukan jenis dan bidang seseorang – ini adalah mekanisme pengendalian hidup. PEMENANG mampu mengendalikan gambaran diri dan mengubahnya sesuai keinginan. PEMENANG menikan gambaran diri dan memperluas dunianya. PEMENANG sadar bahwa kekhawatiran, kegelisahan, permusuhan, dan depresi merupakan sikap negatif dan destruktif bagi imajinasi kreatif mereka. Apa yang Anda “lihat” bagi Anda hari ini ? Akan jadi apa Anda esok hari ? Berpikirlah untuk menang !”. Karena TAK ADA WAKTU UNTUK KALAH. Kegiatan Monitoring Evaluasi (Monev) Desember 2022 menyampaikan hal – hal penting yang perlu diperhatikan terkait kinerja Politeknik ATMI Surakarta dan pencapaian operation plan bulan Desember 2022. Beberapa unit kerja yang belum tercapai harus mempresentasikan hambatan yang terjadi dan rencana selanjutnya agar target yang diminta dapat tercapai.

Kegiatan Monev Desember 2022 dilaksanakan tanggal 25 Januari 2023 pada pukul 14.00 – 16.00. Kegiatan Monev Desember 2022 dimulai dengan pembukaan (prakata, doa, dan menyerukan visi dan misi Politeknik ATMI Surakarta), informasi SPMI, informasi pencapaian operation plan, forum diskusi kinerja politeknik (FDKP), dan Informasi manajemen oleh direktur Politeknik ATMI Surakarta. Kegiatan Monev ini ditutup dengan doa penutup.

Politeknik ATMI Surakarta terus membenahi persyaratan terkait pemantauan akreditasi oleh BAN PT. Sampai saat ini, persyaratan yang terus dibenahi adalah jumlah dosen S3 dan jabatan fungsional para dosen. Sampai saat ini sudah masuk pemantauan tahap 3. Prodi D4 TRMK dan D2 TMM akan mengajukan permohonan akreditasi melalui SAPTO dengan menu pengajuan prodi baru status baik. Pengajuan ini hanya melampirkan surat keputusan penyelenggaraan program studi dan surat permohonan dari direktur Politeknik ATMI Surakarta. Prodi TPM dan TMK melakukan konversi mendekati habisnya masa berlaku akreditasi melalui LAM Teknik. Untuk kegiatan audit mutu internal telah dilaksanakan pada tanggal 11 Januari 2023 sampai 18 Januari 2023. Temuan yang didapat dari hasil audit merupakan upaya “PERBAIKAN” bukan merupakan kesalahan dari unit kerja. Selanjutnya, pada bulan Februari 2023 semua dosen yang terdaftar di sister harus melaporkan beban kerja dosen (BKD) melalui laman sister. Pelaporan ini dilakukan paling lambat tanggal 28 Februari 2023. Semua dosen harus memenuhi kewajiban khusus berupa jurnal yang telah dipublikasikan. Bagi dosen Teknik diharapkan dapat mendaftar ke asosiasi persatuan insinyur Indonesia (PII) karena hal ini ada undang – undangnya. Silahkan dosen tetap atau tenaga pengajar dapat menghubungi kaprodi terkait. Pada tanggal 22 Maret 2023 Politeknik ATMI Surakarta memantau penjaminan mutunya hanya dengan menggunakan SPMI dan Akreditasi. Unit kerja dan program studi harap menyesuaikan dokumen – dokumen yang di unitnya dengan standar SPMI dan BAN PT. Politeknik ATMI tidak lagi menggunakan sistem manajemen mutu ISO9001:2015 karena diwajibkan oleh Kemendikbud untuk menggunakan SPMI dan Akreditasi. Unit kerja SPMI mengingatkan lagi kepada seluruh unit kerja untuk mengisi monitoring Renstra yang ada di web spmi karena renstra merupakan rencana strategis yang telah ditetapkan dan harus dilaksanakan seluruhnya. Pencapaian operation plan bulan Desember 2022 sudah baik dimana ketercapaiannya 72% dari target 75,33%. Pada forum diskusi kinerja politeknik disampaikan bahwa Politeknik ATMI Surakarta perlu adanya perbaikan pada sistem pendidikannya dimana cukup banyak mahasiswa yang mengundurkan diri. Terima kasih kepada semua pihak yang terkait dimana sarana prasarana berupa kursi lipat sudah diperbaiki dengan baik dan sangat mendukung perkuliahan mahasiswa. Direktur Politeknik ATMI Surakarta menyampaikan adanya perubahan struktur di kolese Mikael dimana ada beberapa unit yang akan dijadikan 1 (satu) untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas unit kerja dan unit Pendidikan di kolese mikael.

Rapat monev bulan Desember 2022 berjalan dengan lancar, dihadiri 18 orang peserta. Capaian operation plan bulan Desember 2022 sudah baik namun berada sedikit di bawah target yang diharapkan. Target bulan Desember 2022 yang belum tercapai diharapkan dapat dicapai pada bulan Januari 2023. Dengan GAMBARAN DIRI POSITIF mari kita ciptakan perilaku Politeknik ATMI Surakarta menjadi lebih unggul menjadi institusi vokasi yang merupakan Center of Excellent pendidikan vokasi di Indonesia.


Sumber : SPMI - Agus Kurniawan