“Perkembangan Teknologi AI” pada Monev Oktober 2023

01-12-2023 03:17:38

Berita

Teknologi semakin hari semakin berkembang pesat. Kecerdasan buatan atau lebih akrab disebut artificial intelligence (AI) adalah salah satu teknologi yang saat ini sangat dikenal dan berkembang di tengah masyarakat. Teknologi AI ini dirancang sedemikian rupa untuk dapat meniru kecerdasan manusia. Artificial intelligence ini diharapkan mampu membantu manusia dalam memajukan bidang-bidang kehidupan salah satunya pendidikan. Saat ini, artificial intelligence (AI) sangat mudah digunakan seperti untuk pembuatan foto yang seakan bergerak dan bersuara. Kegiatan Monitoring Evaluasi (Monev) Oktober 2023 menyampaikan hal – hal penting yang perlu diperhatikan terkait kinerja Politeknik ATMI Surakarta, pencapaian operation plan bulan Oktober 2023, dan hal-hal lain terkait mahasiswa, pendidikan, serta sarana prasarana.

Kegiatan Monev Oktober 2023 dilaksanakan tanggal 24 November 2023 pada pukul 14.00 – 16.00. Kegiatan Monev Oktober 2023 dimulai dengan pembukaan (prakata, doa, dan menyerukan visi dan misi Politeknik ATMI Surakarta), informasi SPMI, informasi pencapaian operation plan, forum diskusi kinerja politeknik (FDKP), dan informasi manajemen yang disampaikan oleh Romo Direktur. Kegiatan Monev ini ditutup dengan doa penutup.

Review penilaian hasil akreditasi Program Studi D3 TMI telah dibuat oleh unit kerja SPMI. Hasil sementara dari simulasi yang telah dibuat menghasilkan nilai 385 di mana nilai tersebut sudah memenuhi persyaratan mendapat akreditasi unggul. Hasil akreditasi direncanakan akan diterima pada tanggal 21 Desember 2023. Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Mekatronika akan diajukan melalui BAN PT dan pengajuannya ditargetkan dilakukan pada bulan Maret 2024.  Kegiatan AMI dilakukan 2 tahap yaitu (1) AMI Dokumen (Online) 11 Desember 2023 – 12 Januari 2024 (2) AMI Lapangan 15-19 Januari 2023 di ruangan tertentu dan onsite. Standar yang dipakai SNDikti dan Standar Khusus Perguruan Tinggi. Visitasi terkait Sistem Informasi sudah dilakukan pada tanggal 9 & 14 November 2023. Unit kerja yang sudah divisitasi RTM, PM, D2 TMM, dan TRMK (TPM, TMK, TMI – Tugas Luar). Semua SI di unit tersebut sudah diimplimentasikan. Harapannya data terintegrasi di 1 tempat dan unit kerja tinggl ngelinkan ke data tersebut. Ada beberapa perubahan terkait SPMI setelah dikeluarkannya Permen 53 Tahun 2023. Perubahan ada pada pengelompokkan standar, status akreditasi dan Lembaga Akreditasi Internasional. Dari diskusi program studi terkait mahasiswa, ditemukan bahwa ada beberapa mahasiswa yang mengalami kendala sehingga perlu adanya perhatian dan pendampingan yang lebih. Terkait sarana dan prasarana, ada masukan untuk menambah smoking area, penambahan kantin, dan pengaturan area parkir di Kampus Gonzaga dan Arrupe agar lebih nyaman. Pada sesi Informasi Manajemen, Direktur Politeknik ATMI Surakarta menyampaikan bahwa PPAVI akan membuat kompetisi dimana pesertanya seluruh anggota PPAVI sehingga dapat membantu untuk meningkatkan nilai akreditasi.

Rapat MONEV bulan Oktober  2023 berjalan dengan lancar. Total peserta yang hadir berjumlah 18 orang. Capaian Operation plan bulan Oktober ini sudah melampaui target. Diharapkan kedepannya semua peserta Monev dapat menyempatkan waktu untuk berdiskusi bersama mengenai OP dan situasi kondisi terbaru yang dialami tiap unit kerja.


Sumber : SPMI - Agus Kurniawan