“Meningkatkan Kinerja Politeknik ATMI melalui Kendali Diri Positif” dalam Monev September 2022

31-10-2022 10:44:32

Berita

KENDALI DIRI menandakan adanya kebebasan individu untuk memilih di antara bermacam alternatif dan membentuk takdir mereka. Orang – orang yang menyadari bahwa mereka memegang kendali atas peristiwa – peristiwa yang terjadi dalam hidup adalah orang – orang yang lebih Bahagia dan mampu memilih respon yang lebih tepat atas apapun yang terjadi. KENDALI DIRI yang bertanggung jawab merupakan jalan menuju kesehatan mental dan fisik untuk menjadi PEMENANG. PEMENANG membuat sesuatu terjadi, sedangkan pecundang membiarkan sesuatu terjadi. PEMENANG sadar, segala sesuatu dalam kehidupan ini didasari atas kemauan – bahkan untuk hidup sekalipun. Semuanya merupakan putusan pilihan, bukan paksaan. PEMENANG mengendalikan roda aktivitas, dan duduk dengan tegap di bangku kemudi. Pemenang mampu mengendalikan pikiran, rutinitas sehari-hari, tujuan, dan kehidupan mereka. Mereka menciptakan horoskop dan ramalan astrologi sendiri. Mereka menghabiskan waktu untuk menang, karena tahu bahwa mereka tidak mempunyai waktu untuk Kalah.Kegiatan Monitoring Evaluasi (Monev) September 2022 menyampaikan hal – hal penting yang perlu diperhatikan terkait akreditasi dan pencapaian operation plan bulan September 2022. Beberapa unit kerja yang belum tercapai harus mempresentasikan hambatan yang terjadi dan rencana selanjutnya agar target yang diminta dapat tercapai.

Kegiatan Monev September 2022 dilaksanakan tanggal 27 Oktober 2022 pada pukul 14.00 – 16.00. Kegiatan Monev September 2022 dimulai dengan pembukaan (prakata, doa, dan menyerukan visi dan misi Politeknik ATMI Surakarta), informasi SPMI, informasi pencapaian operation plan, forum diskusi kinerja politeknik (FDKP), dan Informasi manajemen oleh direktur Politeknik ATMI Surakarta. Kegiatan Monev ini ditutup dengan doa penutup.

Politeknik ATMI Surakarta terus melakukan pemantau terkait Akreditasi Institusi yang dinilai oleh BAN PT melalui laman PDDikti. Politeknik ATMI Surakarta harus memperbaiki data di PD Dikti dan setelah memperbaiki data tersebut akan segera dilaporkan ke BAN PT untuk dilakukan lagi pemantauan dan evaluasi dari BAN PT. Pemantauan dibatasi sebanyak 3 (tiga) kali. Pada kesempatan itu pula disampaikan bahwa para dosen yang mengajar teori maupun praktik harus membuat RPS, RPP, dan kontrak perkuliahan yang kemudian di upload di SIRION. Dosen yang membuat dan mengupload RPS, RPP, dan kontrak perkuliahan masih sedikit. Oleh karena itu, para dosen yang belum mengupload hal tersebut segera membuat dan menguploadnya. Template RPS, RPP, dan kontrak perkuliahan ada di SIRION. Untuk akreditasi berikutnya diharapkan semua unit kerja dapat memasukkan data – data tri dharma perguruan tingginya ke Monev Renstra yang ada di laman SPMI.

Pencapaian operation plan bulan September 2022 sudah baik dimana ketercapaiannya 44,89% dari target 52,71%. Unit kerja PM dan TMK telah menginformasikan ketidaktercapaiannya, hambatan dan rencana selanjutnya dalam mencapai target yang diharapkan di bulan berikutnya. Direktur Politeknik ATMI Surakarta menjabat juga sebagai direktur semua PT di Kolese akan membuat tim support HRD, IT, GA, dan Maintenance di level kolese yang akan melayani semuanya unit di kolese Mikael. Politeknik ATMI Surakarta diharapkan dapat menunjukkan sebuah kampus Teknik yang profesional dengan segala kecanggihannya dan kearifan yang dimiliki oleh Politeknik ATMI Surakarta.

Rapat monev bulan September 2022 berjalan dengan lancar, dihadiri 17 orang peserta. Capaian operation plan bulan September 2022 sudah baik namun berada sedikit di bawah target yang diharapkan. Target bulan September 2022 yang belum tercapai diharapkan dapat dicapai pada bulan Oktober 2022. Dengan KENDALI DIRI mari kita tingkatkan kinerja Politeknik ATMI Surakarta sehingga menjadi PEMENANG untuk perguruan tinggi vokasi baik secara nasional maupun internasional.


Sumber : SPMI - Agus Kurniawan