“Jangan Terpaku pada Masa Lalu” pada Monev Desember 2023

31-01-2024 03:42:49

Berita

Banyak hal yang terjadi dalam kehidupan ini. Terkadang banyak hal buruk yang membuat manusia terpuruk dan menyesal sehingga tidak berani menatap kedepan. Apa yang telah terjadi tidak perlu disesali terlalu lama. Terus melangkah ke depan adalah kuncinya, tidak perlu terikat dengan masa lalu. Semuanya akan berlalu, di hidup ini tidak ada yang sempurna. Apabila sesuati tidak sesuai rencana, percayalah bahwa itu adalah rencana terbaik yang Tuhan berikan. Kegiatan Monitoring Evaluasi (Monev) Desember 2023 menyampaikan hal – hal penting yang perlu diperhatikan terkait kinerja Politeknik ATMI Surakarta, pencapaian operation plan bulan Desember 2023, dan hal-hal lain terkait mahasiswa, pendidikan, serta sarana prasarana.

Kegiatan Monev Desember 2023 dilaksanakan tanggal 25 Januari 2024 pada pukul 14.00 – 16.00. Kegiatan Monev Desember 2023 dimulai dengan pembukaan (prakata, doa, dan menyerukan visi dan misi Politeknik ATMI Surakarta), informasi SPMI, informasi pencapaian operation plan, forum diskusi kinerja politeknik (FDKP), dan informasi manajemen. Kegiatan Monev ini ditutup dengan doa penutup.

Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Mekatronika akan diajukan melalui BAN PT dan pengajuannya ditargetkan dilakukan pada bulan Maret 2024. Kegiatan AMI sudah selesai dilakukan. Kegiatan mengisi dokumen oleh Auditee tanggal 11 Desember 2023 – 02 Januari 2024. Kegiatan selanjutnya pengecekkan oleh Auditor tanggal 03 – 13 Januari 2024. AMI Lapangan 15-18 Januari 2023 di ruangan tertentu dan onsite. Dalam proses audit lapangan, ditemukan KTS Minor, Observasi +, dan Observasi -. Bagi unit kerja yang mendapatkan KTS Minor diberikan waktu untuk penyelesaian paling lambat 6 Februari 2024. AtmiPress mulai aktif lagi tahun 2023. Diaktifkan kembali agar buku – buku yang dibuat oleh instruktur dan dosen untuk kegiatan Pendidikan dapat ber isbn (International Standard Book Number). Tim AtmiPress telah terbentuk dengan SK No 47.171/ATMI/EDU/X/2023 tertanggal 17 Oktober 2023. AtmiPress dapat diakses pada https://atmipress.atmi.ac.id. Visitasi terkait Sistem Informasi sudah dilakukan pada tanggal 9 November, 14 November, 09 Januari 2024, dan 10 Januari 2024. Unit kerja yang sudah divisitasi RTM, PM, D2 TMM, TRMK, TMI, TMK, TPM, AA, HRD, GE, dan Finance. Sesuai dengan peraturan, Perguruan Tinggi harus memiliki Rencana Induk Pengembangan (RIP). Setiap perguruan tinggi dapat memodifikasi komponennya sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi masing-masing. Aspek yang ada di dalam RIP diharapkan mengandung analisis strategis, nilai dasar, misi, visi, identifikasi isu, tujuan perguruan tinggi, strategi yang digunakan, dan indikator kinerja. Kuesioner kepuasan pelanggan teori dan program studi semester ganjil 2023/2024 sudah dibuat dan sudah mulai diisi oleh mahasiswa. Penilaian dianggap valid apabila kuesioner diisi minimal 60% dari jumlah total mahasiswa yang diajar. Akan ada forum mahasiswa (FORMAS) yang diselenggarakan oleh BPM pada 24 Februari untuk mendengar suara mahasiswa. Terkait penelitian dan PkM, dosen Politeknik ATMI Surakarta diharapkan untuk meningkatkan jumlah penelitian dan PkM guna meningkatkan kinerja Politeknik ATMI di bidang penelitian dan PkM. Beberapa informasi dari manajemen antara lain, direktur HRD yang sekarang dijabat Romo Lukas Bagus Dwiko SJ. Terkait Kerjasama, Politeknik ATMI Surakarta dapat bekerja sama dengan PELITA sehingga kerjasama secara nasional dapat dilaksanakan. Selain itu, PELITA juga berencana mengadakan SPMB bersama seluruh politeknik yang tergabung di PELITA. Kerjasama dengan PPAVI juga dapat dilakukan untuk penelitian dan PkM tingkat nasional sehingga dapat membantu nilai akreditasi. 

Rapat MONEV bulan Desember  2023 berjalan dengan lancar. Total peserta yang hadir berjumlah 20 orang. Capaian Operation plan bulan Desember ini sudah melampaui target. Diharapkan kedepannya semua peserta Monev dapat menyempatkan waktu untuk berdiskusi bersama mengenai OP dan situasi kondisi terbaru yang dialami tiap unit kerja.


Sumber : SPMI - Agus Kurniawan