“Harapan Diri Positif Membuat Politeknik ATMI Surakarta menjadi Pemenang” dalam Monev November 2022

27-01-2023 06:06:53

Berita

Seorang yang memiliki HARAPAN DIRI POSITIF memandang bahwa hidup ini sebagai permainan yang amat nyata dan bukan spekulasi. Para PEMENANG terlihat beruntung karena harapan diri positif yang dimiliki memampukan PEMENANG mempersiapkan diri dengan lebih baik guna meraih kesempatan. Salah satu cara terbaik untuk mengembangkan HARAPAN DIRI POSITIF ialah dengan memulai hari lebih awal atau paling tidak pada hari – hari tertentu, dengarkan musik saat bangun pagi, bernyanyilah ketika mandi, sarapanlah bersama seseorang yang Anda sukai yang juga memiliki sifat optimis, dengarkan lagu yang bisa memicu motivasi dalam perjalanan menuju kantor, dan bacalah buku dan artikel yang mendidik dan inspiratif. Kegiatan Monitoring Evaluasi (Monev) November 2022 menyampaikan hal – hal penting yang perlu diperhatikan terkait kinerja Politeknik ATMI Surakarta dan pencapaian operation plan bulan November 2022. Beberapa unit kerja yang belum tercapai harus mempresentasikan hambatan yang terjadi dan rencana selanjutnya agar target yang diminta dapat tercapai.

Kegiatan Monev November 2022 dilaksanakan tanggal 19 Desember 2022 pada pukul 14.00 – 16.00. Kegiatan Monev November 2022 dimulai dengan pembukaan (prakata, doa, dan menyerukan visi dan misi Politeknik ATMI Surakarta), informasi SPMI, informasi pencapaian operation plan, forum diskusi kinerja politeknik (FDKP), dan Informasi manajemen oleh direktur Politeknik ATMI Surakarta. Kegiatan Monev ini ditutup dengan doa penutup.

Hasil pemantau Akreditasi Institusi yang dinilai oleh BAN PT melalui laman PDDikti menunjukkan bahwa masih ada syarat perlu peringkat yang masih harus dipenuhi. Politeknik ATMI Surakarta terus berusaha memperbaiki persyaratan yang diminta oleh BAN PT. Terkait akreditasi prodi TRMK perlu dipersiapkan dokumen akreditasinya untuk segera diajukan ke BAN PT atau LAM Teknik karena sudah 2 (dua) tahun beroperasi. Untuk prodi TPM dan TMK harus melakukan konversi akreditasi dari A dan B menjadi “Unggul” dan “Baik Sekali”. Selain itu, untuk meningkatkan kinerja dosen dan institusi untuk akrditasi diharapkan dosen dapat mengajukan HAKI atas kinerja yang telah dilakukan baik berupa penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Bagi dosen yang S2 diharuskan untuk membuat laporan bebab kerja dosen (LBKD) semester ganjil 2022 – 2023. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah dosen wajib melaksanakan kewajiban khusus dosen yaitu 1 (satu) buah jurnal yang telah dipublikasikan dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun bagi dosen dengan jabatan fungsional maksimal Lektor. Bagi dosen yang akan melakukan kenaikan jabatan fungsional harap dapat melakukan pengajuannya secara online melalui SIJAGO. Saat ini lagi dosen lulusan Teknik diarahkan untuk mengikuti asosisasi persatuan insinyur Indonesia (PII). Dosen Politeknik ATMI Surakarta yang belum terdaftar di PII dapat menghubungi Kaprodi terkait untuk didaftarkan. Asossiasi lain yang juga dapat diikuti adalah asosiasi dosen Indonesia (ADI) namun ini tidak wajib sedangkan PII ada undang – undangnya. Unit kerja SPMI terus mengingatkan agar semua dosen membuat perangkat perkuliahan. Semua unit kerja harap mengisi bukti pencapaian yang telah dilakukan setiap tahunnya ke dalam monitoring renstra yang dapat dilihat pada website SPMI Politeknik ATMI Surakarta. Untuk memonitoring kinerja Polteknik ATMI Surakarta maka bulan Januari 2023 akan dilakukan AMI 2022 yang mengaudit 5R dan dokumen SPMI – BANPT. Pencapaian operation plan bulan November 2022 sudah baik dimana ketercapaiannya 64,35% dari target 65,65%. Hal yang menggembirakan adalah adanya informasi terkait prestasi mahasiswa dimana mahasiswa tk 3 dari Lampung menjuarai basket dari pemprov Lampung juara 1, program maching fund sudah selesai dan mendapatkan sarpras yang baik, serta mendapatkan hak paten murni dari UGM. Terkait Covid 19 bahwa untuk kondisi di Politeknik ATMI Surakarta sudah aman namun demikian tetap menjaga protokol Kesehatan. Sebagai penutup di penghujung 2022, Direktur Politeknik ATMI Surakarta menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atau segala usaha yang dilakukannya dalam setahun ini, bersama – sama mendidik generasi muda menuju agen – agen perubahan yang kompeten dan kita harus optimis di tahun 2023 kita akan menjadi lebih baik lagi.

Rapat monev bulan November 2022 berjalan dengan lancar, dihadiri 17 orang peserta. Capaian operation plan bulan Nobvember 2022 sudah baik namun berada sedikit dibawah target yang diharapkan. Target bulan November 2022 yang belum tercapai diharapkan dapat dicapai pada bulan Desember 2022. Dengan HARAPAN DIRI POSITIF mari kita ciptakan pilot otomatis diri kita menuju KEMENANGAN.


Sumber : SPMI - Agus Kurniawan