“The Power of Positive Thinking” pada Monev Januari 2024

19-03-2024 10:26:14

Berita

Otak manusia menerima dua juta informasi per  detik dengan kecepatan yang sangat tinggi. Setelah diproses di dalam pikiran,  otak itu pun memancarkan 60.000 energi baik positif maupun negatif setiap harinya. Maka nasib  manusia mirip layar besar sebuah proyektor. Apa yang ada dalam pikiran manusia, itu juga ya akan membentuk nasib manusia. Dalam bukunya, Rhonda Bryne menyebutkan hal ini sebagai law of attraction yang artinya hukum tarik – menarik. Hukum ini menyebutkan bahwa segala yang sama menarik yang sama. Negatif menarik negatif dan sebaliknya positif menarik yang positif. Jika dalam otak manusia memikirkan kebaikan, maka kehidupannya akan memancarkan kebaikan, demikian juga sebaliknya. Kegiatan Monitoring Evaluasi (Monev) Januari 2024 menyampaikan hal – hal penting yang perlu diperhatikan terkait kinerja Politeknik ATMI Surakarta, pencapaian operation plan bulan Januari 2024, dan hal-hal lain terkait mahasiswa, pendidikan, serta sarana prasarana.

Kegiatan Monev Januari 2024 dilaksanakan tanggal 7 Maret 2024 pada pukul 14.00 – 16.00. Kegiatan Monev Januari 2024 dimulai dengan pembukaan (prakata, doa, dan menyerukan visi dan misi Politeknik ATMI Surakarta), informasi SPMI, informasi pencapaian operation plan, forum diskusi kinerja politeknik (FDKP), dan informasi manajemen. Kegiatan Monev ini ditutup dengan doa penutup.

Status akreditasi dari institusi dan program studi dapat  dilihat pada link https://pemutu.kemdikbud.go.id. Pada  web ini akan ditampilkan semua capaian indikator yang harus dicapai oleh setiap  perguruan tinggi berdasarkan indikator BAN PT dan LAM. Capaian indikator perguruan tinggi dan program studi dapat  dilihat pada “Metriks dan Skor Analitik”. Prodi D4 TRMK ditargetkan sudah mengajukan reakreditasi pada Maret 2024. Dokumen LED dan LKPS D4 TRMK sudah selesai dan siap untuk diupload. Dari sosialisasi terkait akreditasi  international Sydney Accord (IABEE), yang dapat mengajukan akreditasi internasional ialah prodi sarjana terapan.Biaya pengurusan akreditasinya adalah 100 juta (75 juta untuk  mendapatkan sertifikat, 25 juta maintenance/survailence selama 5 tahun).  Rangkaian kegiatan Manrev 2024 akan berlangsung pada 19 Februari 2024 – 30  Juni 2024. Output dari Manrev 2024 ialah (1) Dokumen  Rencana Induk Pengembangan (2) Dokumen LED Institusi (3) Sistem Monitoring  Operation Plan (4) Dokumen Tahun Perkuliahan 2024-2025. Sistem Informasi yang ada di Politeknik sangat banyak sekitar 143 sistem  informasi. Sudah dilakukan visitasi ke setiap unit kerja. Dari visitasi tersebut dapat diambil  kesimpulan sebagai berikut (1) Diharapkan ada sistem yang lebih komprehensif  di Politeknik ATMI Surakarta. (2) Sistem informasi bisa tersentralisasi dan  seragam, dengan autentifikasi berjenjang. (3) Diperlukan adanya SDM yang  mampu mengembangkan sistem-sistem yang ada. Masing-masing program studi diharapkan dapat segera upload RPS di Sirion karena dokumen tahun 2023 baru terupload 39,23% dan 2024 baru terupload 2,88%. Kuesioner kepuasan pelanggan teori dan program studi semester ganjil  2023/2024 sudah dibuat dan sudah mulai diisi oleh mahasiswa. Prodi yang belum mencapai 60% dapat  segera mengisi kepuasan pelanggan program studi. Rekap kepuasan pelanggan kinerja tenaga pendidik dapat mulai dicetak dalam bentuk pdf sesuai dengan template yang dibuat oleh SPMI. Perlu dipantau lagi terkait jam mengajar tenaga pendidik serta sarana dan prasaran yang ada di Kampus 1 maupun Kampus 2. Akan ada pembentukan tim P2KS sesuai dengan aturan pemerintah. Direktur Politeknik ATMI Surakarta menyampaikan akan adanya wacana terkait personal branding Politeknik ATMI Surakarta. Personal   Branding ini digunakan untuk menarik calon mahasiswa untuk tertarik   mendaftar sebagai mahasiswa Politeknik ATMI Surakarta. Terkait dengan rencana pembentukan program studi baru akan lebih diarahkan ke digitalisasi dan akan segera mulai untuk dipersiapkan.

Rapat MONEV bulan Januari  2024 berjalan dengan lancar. Total peserta yang hadir berjumlah 21 orang. Capaian Operation plan bulan Januari belum mencapai target. Diharapkan kedepannya capaian operation plan dapat tercapai dan semua peserta Monev dapat menyempatkan waktu untuk berdiskusi bersama mengenai OP dan situasi kondisi terbaru yang dialami tiap unit kerja.


Sumber : SPMI - Agus Kurniawan