"Pola Baru" Pelaksanaan Monev Mei Juni 2019

23-10-2019 09:20:08

Berita

Setiap kehidupan di dunia ini pasti akan berubah. Hal yang tidak berubah adalah perubahan itu sendiri. Kegiatan monev tahun ini akan melibatkan civitas akademik level kabeng dan instruktur untuk dapat memandu acaranya monev. Hal ini bertujuan untuk memotivasi dan mengikutsertakan para kabeng dan instruktur dalam kegiatan penjaminan mutu dan mencari potensi – potensi baru untuk kedudukan yang lebih tinggi seperti kepala unit kerja. Monev Mei Juni 2019 akan membahas capaian operation plan.yang telah diperoleh di bulan Mei dan Juni 2019. Unit kerja SPMI Politeknik ATMI Surakarta mengecek dan memastikan ketercapaian operation plan yang telah ditetapkan untuk bulan Mei Juni 2019.

Monev Mei Juni 2019 dilakukan di ruang meeting Mikael pada tanggal 11 Juli 2019 dari jam 14.00 – 16.00. Kegiatan ini dihadiri 15 peserta dari 29 undangan yang terdiri dari direktur, wakil direktur, kepala program studi, manager dan kepala bengkel. Materi pada monev Mei Juni 2019 dapat dilihat oleh seluruh peserta melalui website spmi.atmi.ac.id. Susunan acara monev dimulai dari pembukaan (doa), menyanyikan lagu mars ATMI, informasi SPMI, informasi operation plan, forum diskusi kinerja politeknik, informasi manajemen, dan penutup. Event Organizer (EO) pada kegiatan monev Mei Juni 2019 adalah bapak Rahmat Tri Hartanto, S.T. dari program studi Teknik Mesin Industri.

Pencapaian laporan monev Politeknik ATMI Surakarta pada bulan Mei Juni 2019 adalah 6,46% dari target 17,92%. Jumlah laporan operation plan di bulan Mei Juni 2019 adalah 17 laporan. Informasi pada monev ini antara lain adanya sistem monitoring “Ketidaksesuaian” yang disebut dengan nama “SiMonik”. Sistem ini akan memonitoring ketidaksesuaian Mahasiswa, Proses Belajar Mengajar, P2KM, Sarana dan Prasarana dan Tenaga Pendidik dan Kependidikan. Alamat dari SiMonik adalah https://spmi.atmi.ac.id/simonik. Sistem informasi ini akan dikaji kembali penggunaannya. Mulai kegiatan monev 2019, ada pola baru yang diterapkan pada acara Monev yaitu kegiatan Monev 2019 akan dipandu oleh Event Organizer (EO). EO berasal dari kabeng atau instruktur dari setiap program studi yang ditunjuk oleh para Kaprodinya. EO akan memandu kegiatan monev mulai dari mencari tanggal Monev sampai membuat laporan. Setiap bulan, EO selalu berubah rubah prodinya sesuai jadwal yang telah dibuat. Harapannya, Politeknik ATMI Surakarta dapat melihat potensi kepemimpinan dari kegiatan EO ini. Terkait dengan mahasiswa, mereka tidak mempunyai keberanian untuk menyampaikan usulan. Kompetensi yang dbutuhkan tidak hanya akademiknya tapi Life skill branding diri, sopan santun saat wawancara, softskill, dll. Kita harus bisa mengasah perilaku yang mereka tidak sadari. Kemudian tentang kebersihan, kita harus menyeimbangkan antara life skil dan akademik. Terkait general employment (GE), perlu adanya peltihan terkait psikotest, pembuatan CV, branding, komunikasi, dll. Dosen diharapkan dapat mendampingi para mahasiswanya.

Terkait info manajemen, beberapa hal yang disampaikan pada bulan Mei Juni 2019 antara lain 1) Agenda Akhir Tahun Perkuliahan 2018 - 2019 2) Manrev 2019 – 2020 3) Perencanaan TP 19 - 20 4) PMB 5) Wisuda ATMI @49.

Politeknik ATMI Surakarta telah melakukan perubahan terkait pelaksanaan kegiatan Monev untuk mencari personil – personil baru yang dapat duduk sebagai manajer atau kepala unit kerja untuk bersama – sama memajukan Politeknik ATMI Surakarta. EO pada bulan Agustus 2018 dari Program Studi Teknik Perancangan Mekanik dan Mesin.


Sumber : SPMI - Agus Kurniawan