“Motivasi Diri Positif Yang Kuat Membawa Politeknik ATMI Surakarta menjadi Center of Excellent” dala

05-12-2022 12:31:47

Berita

MOTIVASI merupakan kekuatan yang muncul dari dalam diri dan memaksa kita untuk bertindak. Motivasi sebagai kecenderungan kuat untuk menuju atau menjauh dari suatu objek atau situasi, motivasi ini bisa dipelajari dan dikembangkan. PEMENANG dalam hidupnya adalah orang – orang yang mengembangkan MOTIVASI DIRI POSITIF yang kuat. PEMENANG mampu menggerakkan arah tujuan yang telah dibentuk, atau peran yang hendak dimainkan, dan hanya akan memberikan sedikit tenggang rasa kepada distraksi pikiran. PEMENANG memiliki hasrat, mereka tidak puas pada status quo, mereka ingin berubah agar menjadi lebih baik. Tak pernah ada seorang Pemenang pun yang tidak mendambakan Kemenangan. Orang – orang yang sukses menginginkan sesuatu yang istimewa – diluar dari rekaman perjalanan awal mereka, diluar garis keturunan dan kehidupan rumah tangga; mereka menginginkan kemenangan. Kemenangan hampir seluruhnya bergantung pada dorongan, fokus, dan ketekunan. Kekuatan ekstra yang dibutuhkan untuk melakukan upaya ekstra, mencoba pendekatan baru, dan berkonsentrasi pada hasil yang diharapkan merupakan rahasia untuk menang. Daniel Burnham mengatakan “Jangan membuat rencana kecil, karena tidak akan memiliki keajaiban untuk mengarahkan pikiran Anda pada Tindakan. Buatlah rencana besar dengan tujuan yang tinggi dan harapan yang besar”. Kegiatan Monitoring Evaluasi (Monev) Oktober 2022 menyampaikan hal – hal penting yang perlu diperhatikan terkait akreditasi dan pencapaian operation plan bulan Oktober 2022. Beberapa unit kerja yang belum tercapai harus mempresentasikan hambatan yang terjadi dan rencana selanjutnya agar target yang diminta dapat tercapai.

Kegiatan Monev Oktober 2022 dilaksanakan tanggal 23 November 2022 pada pukul 14.00 – 16.00. Kegiatan Monev Oktober 2022 dimulai dengan pembukaan (prakata, doa, dan menyerukan visi dan misi Politeknik ATMI Surakarta), informasi SPMI, informasi pencapaian operation plan, forum diskusi kinerja politeknik (FDKP), dan Informasi manajemen oleh direktur Politeknik ATMI Surakarta. Kegiatan Monev ini ditutup dengan doa penutup.

Program Studi D3 TMI telah menerima SK Akreditasi No 8646/SK/BAN-PT/Ak/D3/X/2022 yang menyatakan bahwa program studi Teknik Mesin Industri mendapatkan peringkat Akreditasi Baik dari BAN PT. Hal yang perlu ditingkat adalah jumlah dosen S3 dan jabatan fungsional dosen sehingga dapat memenuhi syarat perlu akreditasi BAN PT. Terkait akreditasi Institusi terus dilakukan pemantauan dimana jumlah dosen home base masih ada prodi yang belum memenuhi yaitu prodi D2FastTrack kurang 1 (satu) orang dosen dan masih terus di usahakan penyesuaian dosen yang belum punya NIDN dan belum masuk ke PDDikti untuk memenuhi syarat tersebut. Untuk perangkat pekuliahan telah mendapatkan peningkatan yang baik dimana yang telah mengumpulkan lebih dari 100% dari bulan lalu walupun belum semua matakuliah ada perangkat perkuliahannya. Pada kesempatan ini juga diinfrmasikan bahwa pada bulan Januari akan diadakan Audit Mutu Intrnal 2022 yang terdiri dari 2 tahap yaitu 5R dan SPMI. Selain itu, SPMI mengingatkan juga kepada para unit kerja untuk mengisi capaian renstra Politeknik.

Pencapaian operation plan bulan Oktober 2022 sudah baik dimana ketercapaiannya 57,94% dari target 61,63%. Unit kerja IT dan TPM telah menginformasikan ketidaktercapaiannya, hambatan dan rencana selanjutnya dalam mencapai target yang diharapkan di bulan berikutnya. Info manajemen Direktur Politeknik ATMI Surakarta menyatakan bahwa Politeknik ATMI Surakarta tetap akan berusaha mendapatkan akreditasi prodi dan institusi “Baik Sekali” agar lulusan Politeknik ATMI Surakarta tetap bisa bekerja sebagai CPNS dan tidak mengalami kesulitan jika ingin melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi lagi.Namun demikian perlu di monitoring terkait jumlah dosen S3 karena untuk vokasi masih perlu dikaji ulang kebermanfaatnnya terkait jumlah dosen S3 yang banyak. Selain itu, Direktur menginformasikan juga bahwa telah ada design gedung adimnistrasi yang akan dibangun dengan harapan dapat segera terialisasi. Semua kegiatan PkM menggunakan format pelaporan PkM untuk mempermudah dokumen bagi pelaporan BKD Dosen dan Politeknik ATMI Surakarta tetap membantu mahasiswa Politeknik ATMI yang tidak mambantu dengan bekerja part time di PT Internal.

Rapat monev bulan Oktober 2022 berjalan dengan lancar, dihadiri 15 orang peserta. Capaian operation plan bulan Oktober 2022 sudah sangat baik namun berada sedikit dibawah target yang diharapkan. Target bulan Oktober 2022 yang belum tercapai diharapkan dapat dicapai pada bulan November 2022. Dengan MOTIVASI DIRI POSITIF mari kita tingkatkan kinerja Politeknik ATMI Surakarta sehingga menjadi perguruan tinggi yang luar biasa dalam bidang manufaktur (The Center of Excellence).


Sumber : SPMI - Agus Kurniawan