"Menjaga Mutu Politeknik ATMI Yang Unggul" Dalam Kegiatan Audit Eksternal 2018

06-05-2019 11:45:35

Berita

Untuk memastikan sistem manajemen yang dikelola oleh Politeknik ATMI Surakarta tetap bermutu, maka unit kerja SPMI mengadakan Audit. Audit yang dilakukan terdiri dari 2 tahap yaitu audit internal dan audit eksternal. Audit eksternal dilakukan oleh pihak ketiga dalam hal ini adalah TUV Rheinland.

Kegiatan Audit Eksternal dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2019 dari jam 08.30 – 17.00. Kegiatan audit eksternal dimulai dengan acara openinng meeting, pelaksanaan audit dilapangan dan closing meeting. Auditor dari TUV Rheinland adalah bapak Tengku Hermansyah dan Bapak Suliswiyadi. Ruangan yang digunakan adalah ruang meeting mikael dan ruang meeting edukasi.

Pada kegiatan audit eksternal ini telah mendapatkan beberapa temuan yaitu 1 KTS di unit kerja SPMI, 6 obeservasi positif dan 16 observasi yang berpotensi menjadi KTS. KTS yang didapat terkait kepuasan pelanggan yaitu “Tidak tersedianya bukti terdokumentasi hasil survey kepuasan Mahasiswa di tahun 2018 dalam Laporan Tinjauan Manajemen 2019 sehingga tidak mampu memantau update trend excellent service Politeknik ATMI menurut persepsi mahasiswa”. Pada saat di Audit, Unit Kerja SPMI tidak bisa menunjukkan bukti kepuasan pelanggan dari mahasiswa. Semua program studi telah melakukan kegiatan tersebut hanya saja belum dimasukkan ke website SPMI sehingga belum bisa ditunjukkan datanya. Unit kerja SPMI telah menyelesaikan temuan ini berkoordinasi dengan semua program studi.

Berdasarkan hasil audit eksternal, Politeknik ATMI Surakarta dinyatakan telah menjalankan SMM ISO9001:2015dengan baik dan masih layak untuk tetap menggunakan sertifikat ISO9001:2015 yang sudah dimiliki sampai habis masa waktu sertifikatnya.


Sumber : SPMI - Agus Kurniawan