“Berperan Aktif dalam Mempertahankan Kualitas Politeknik ATMI Surakarta” dalam Monev Juni 2023

03-08-2023 04:26:01

Berita

Dewasa ini drama Korea berjudul King The Land sedang naik daun. Terlepas dari kisah percintaannya, drama ini mengisahkan tentang seorang pria bernama Gu Won yang terlibat dalam perebutan hak waris King Grup dengan kakak perempuannya seraya mengungkap rahasia masa kecilnya. Dalam scene peringatan hari jadi Hotel King yang ke-100, ada beberapa dialog Gu Won yang menginspirasi antara lain “Pepatah mengatakan bahwa konon bunga tidak pernah melupakan orang yang mengairinya, aku berupaya tidak melupakan pepatah itu selama menyiapkan acara ini” , “Orang – orang yang membangun Hotel King selama 100 tahun ke belakang dan 100 tahun ke depan bersanding disini” , “Konon kehancuran akan tiba begitu kita melupakan orang – orang yang membantu kesuksesan kita hingga ke titik ini ” , “Maka 100 tahun ke depan pun kita harus berjalan bersama mereka yang menyukseskan hotel ini” , “Aku hanya memberikan hak bukan memikat hati mereka” , “Entah direksi atau bukan, kelak aku akan memberikan perlakukan yang sama bagi mereka yang telah bekerja keras bagi perusahaan” , “Mahakarya terbentuk karena ada sejarah di dalamnya” , “Menurutku kita harus memiliki sejarah yang sesuai jika ingin menjadi

perusahaan mendunia” , “Bagaimana cara kita hidup lebih penting daripada hidup itu sendiri”. Buku yang ditulis oleh Romo Casutt, SJ, beliau berpendapat bahwa kualitas produksi adalah nomor satu. Beliau tidak ingin mengecewakan pelanggan. Kalau pelanggan terlanjur kecewa maka akan sulit untuk membangun kepercayaan kembali. Untuk itu hasil produksi para mahasiswa yang dijual harus prima, bukan barang hasil coba-coba mahasiswa di bengkel praktik. Dampak lain mulai terkenalnya produksi ATMI adalah para pengusaha semakin mengetahui kualitas lulusan ATMI. Apalagi mereka melihat sendiri dengan datang mengunjungi bengkel di kampus ATMI. Mereka terkesan dan mengambil alumnus ATMI sebagai karyawan di perusahaannya. Para pengusaha melihat lulusan ATMI adalah tenaga kerja terampil yang sudah siap pakai tanpa perlu lagi diberikan pelatihan. Kutipan-kutipan di atas mengajak kita untuk berperan aktif dalam mempertahankan kualitas dan citra Politeknik ATMI Surakarta. Kegiatan Monitoring Evaluasi (Monev) Juni 2023 merupakan kegiatan pertama dalam Tinjauan Manajemen tahun 2023/2024. Pada kegiatan ini disampaikan hal – hal penting yang perlu diperhatikan sehingga kegiatan Monev ini dapat dilakukan secara optimal.


Kegiatan Monev Juni 2023 dilaksanakan tanggal 27 Juli 2023 pada pukul 14.00 – 16.00. Kegiatan Monev Juni 2023 dimulai dengan pembukaan (prakata, doa, dan menyerukan visi dan misi Politeknik ATMI Surakarta), informasi SPMI, informasi pencapaian operation plan, dan forum diskusi kinerja politeknik (FDKP). Kegiatan Monev ini ditutup dengan doa penutup.


Politeknik ATMI Surakarta merasa bersyukur karena Akreditasi D2 TMM sudah terbit berdasarkan Surat Keputusan BAN PT Nomor  1808/SK/BAN-PT/Ak.P/D2/V/2023 dengan hasil Baik. Surat keputusan tersebut berlaku hingga 16 Mei 2025. Kabar baik lainnya datang dari keluarnya Surat Keputusan BAN PT Nomor 429/SK/BAN-PT/Ak/PT/VI/2023 yang menetapkan peringkat akreditasi perguruan tinggi pada Politeknik ATMI Surakarta adalah Baik Sekali dengan nilai 324. Surat keputusan tersebut berlaku hingga 20 Juni 2025. SPMI Politeknik ATMI Surakarta saat ini tengah berupaya untuk membuat sebuat management control system (MCS). MCS ini dibuat dengan tujuan untuk mempermudah dalam pemantauan pemenuhan indikator BAN PT. MCS yang telah dibuat antara lain terkait Sumber Daya Manusia, Data Induk Mahasiswa, dan Keterlambatan Mahasiswa Teori. Terkait Rencana Pembelajaran Semester, ada pembaharuan format terkait RPS. Format baru hanya menggunakan 1 (satu) dokumen saja untuk RPS, RPP, KP, dan RP. Format ini sudah wajib digunakan pada tahun ajaran 2023/2024. Review laporan operation plan pada bulan Juni 2023 telah mencapai target yang diharapkan, semoga kedepannya target yang ditentukan dapat tercapai lagi. Dalam proses persiapan tahun ajaran baru, telah dilakukan pembangunan gedung untuk memenuhi ruangan yang akan digunakan untuk kegiatan perkuliahan tahun ajaran 2023/2024.


Rapat MONEV bulan Juni 2023 berjalan dengan lancar. Total peserta yang hadir berjumlah 21 orang. Capaian Operation plan bulan Juni ini sudah melampui target. Diharapkan kedepannya semua peserta Monev dapat menyempatkan waktu untuk berdiskusi bersama mengenai OP dan situasi kondisi terbaru yang dialami tiap unit kerja


Sumber : SPMI - Agus Kurniawan