“Selalu Berpikiran Positif, Lakukan yang Terbaik” pada Monev Agustus 2023

06-10-2023 09:22:46

Berita

Manusia perlu menyadari bahwa hal – hal kecil adalah dasar dari hal – hal besar dan hal – hal besar adalah akumulasi dari hal – hal kecil. Mengutip dialog dari sebuah film pendek di facebook, “Hindari kejahatan betapapun kecilnya, lakukan kebaikan betapapun kecilnya,” dialog tersebut memberi pesan bahwa setiap hal kecil akan membawa dampak dalam kehidupan. Manusia seringkali menghitung kebaikan dan terutama keburukan orang lain. Seberapa kecil keburukan orang lain seringkali menutup kebaikan yang telah diperbuat. Dalam hidup ini tidak perlu selalu menghitung kebaikan dan keburukan terutama keburukan orang lain karena hal tersebut dapat menjadi penyakit. Jadilah pribadi yang selalu berpikiran positif dan lakukan yang terbaik. Kegiatan Monitoring Evaluasi (Monev) Agustus 2023 menyampaikan hal – hal penting yang perlu diperhatikan terkait kinerja Politeknik ATMI Surakarta, pencapaian operation plan bulan Agustus 2023, dan hal-hal lain terkait mahasiswa, pendidikan, serta sarana prasarana.

Kegiatan Monev Agustus 2023 dilaksanakan tanggal 26 September 2023 pada pukul 14.00 – 16.00. Kegiatan Monev Agustus 2023 dimulai dengan pembukaan (prakata, doa, dan menyerukan visi dan misi Politeknik ATMI Surakarta), informasi SPMI, informasi pencapaian operation plan, dan forum diskusi kinerja politeknik (FDKP). Kegiatan Monev ini ditutup dengan doa penutup.

Program studi D3 TMI telah melakukan registrasi akreditasi LAM Teknik pada tanggal 12 September 2023. Proses selanjutnya adalah Asesmen Lapangan. Perkiraan waktu Asesmen Lapangan adalah 15 Oktober 2023 – 7 November 2023. Akreditasi D4 TRMK akan diajukan melalui BAN PT, hal tersebut didasarkan pada peraturan BAN PT No 19 Tahun 2022 tentang cakupan akreditasi program studi pada Lembaga Akreditasi Mandiri. SPMI Politeknik ATMI Surakarta berupaya untuk memantau kepuasan pelanggan program studi, tenaga pendidik teori, dan tugas akhir. Politeknik ATMI Surakarta telah melakukan survey terkait kepuasan pelanggan program studi yang berasal dari mahasiswa. Hasil survey menunjukkan bahwa rata-rata nilai kepuasan pelanggan adalah sangat baik. Perguruan Tinggi diwajibkan mengisi kegiatan Kerjasama pada laman mitrekavokasi dengan link mitrekavokasi.id. Terdapat 28 indikator yang harus diisi untuk mendapatkan penilaian dari sistem ini. Penilaian dilakukan oleh SPMI dan muncul berupa indeks point. Indeks point yang didapat dari 1 – 4. Setelah melakukan pengisian dan mengisi asesmen, Politeknik ATMI Surakarta mendapat nilai indeks 3,34. Terkait dengan formulir Rencana Pembelajaran Semester, SPMI mengingatkan masing-masing program studi untuk meminta para dosen untuk segera mengupload perangkat perkuliahannya di Sirion. Setelah mengikuti pertemuan PPAVI baru diketahui bahwa ada website untuk mengisi dan memantau IKU Kemdikbud. User dan password akun IKU ini harus setting dari PDDikti dan sampai sekarang belum ada informasi lanjutan terkait hal tersebut. IKU Perguruan Tinggi Kemdikbudristek berjumlah 8 indikator. Politeknik ATMI Surakarta masih memiliki tugas untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam mengikuti perlombaan akademik maupun non akademik. Saat ini, Politeknik ATMI sedang mengupayakan penyesuaian sistem sarpras untuk monitoring kinerja yang lebih baik lagi. Dalam diskusi program studi, terdapat mahasiswa yang perlu diperhatikan dan sampai saat ini program studi terus melakukan pendampingan intensif sehingga mahasiswa tersebut dapat melakukan perkuliahan dengan baik. Para dosen dihimbau untuk dapat mengajar dan memperhatikan mahasiswa secara lebih maksimal. Politeknik ATMI Surakarta memberikan Beasiswa Alegria untuk 10 mahasiswa tingkat 1 yang merupakan beasiswa internal dari Politeknik ATMI Surakarta. Mahasiswa menerima beasiswa sampai lulus dan akan terus dipantu studinya. Masing-masing unit kerja yang memiliki laman dengan domain atmi.ac.id dimohon untuk memelihara dengan baik dan dapat meminta petunjuk oleh IT apabila diperlukan. Informasi yang ada di website LLDikti VI terus diperbarui sehingga dokumen-dokumen yang ada di website tersebut terbaru dan up to date.

Rapat MONEV bulan Agustus 2023 berjalan dengan lancar. Total peserta yang hadir berjumlah 19 orang. Capaian Operation plan bulan Agustus ini sudah melampaui target. Diharapkan kedepannya semua peserta Monev dapat menyempatkan waktu untuk berdiskusi bersama mengenai OP dan situasi kondisi terbaru yang dialami tiap unit kerja.


Sumber : SPMI - Agus Kurniawan