Meningkatkan Pelayanan Prima Politeknik ATMI Surakarta

06-09-2023 09:59:59

Berita

Politeknik ATMI Surakarta selama ini terkenal memiliki lulusan yang berkualitas. Hal itu tercermin dari banyaknya perusahaan yang tertarik untuk merekrut lulusan Politeknik ATMI menjadi karyawan di perusahaan mereka. Kualitas lulusan Politeknik ATMI yang baik tidak lepas dari pelayanan pendidikan dan produksi yang prima. Politeknik ATMI Surakarta senantiasa terus meningkatkan pelayanan yang prima untuk menjaga kualitas lulusan. Salah satu upaya yang dilakukan Politeknik ATMI dalam meningkatkan pelayanan prima ialah dengan memperhatikan saran dan masukan dari mahasiswa. Kegiatan Monitoring Evaluasi (Monev) Juli 2023 menyampaikan hal – hal penting yang perlu diperhatikan, pencapaian operation plan bulan Juli 2023, dan informasi terkait beberapa dokumen yang telah diperbaharui.

Kegiatan Monev Juli 2023 dilaksanakan tanggal 31 Agustus 2023 pada pukul 14.00 – 16.00. Kegiatan Monev Juli 2023 dimulai dengan pembukaan (prakata, doa, dan menyerukan visi dan misi Politeknik ATMI Surakarta), informasi SPMI, informasi pencapaian operation plan, forum diskusi kinerja politeknik (FDKP), dan informasi manajemen oleh direktur Politeknik ATMI Surakarta. Kegiatan Monev ini ditutup dengan doa penutup.

Akreditasi D3 TMI – LAM Teknik direncanakan akan diajukan pada September 2023. Proses persiapan sedang dilakukan semaksimal mungkin mengingat banyak hal yang harus dipersiapkan. Akreditasi D4 TRMK akan diajukan melalui BAN PT, hal tersebut didasarkan pada peraturan BAN PT No 19 Tahun 2022 tentang cakupan akreditasi program studi pada Lembaga Akreditasi Mandiri. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengeluarkan Permen Kemendikbudristek No 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Peraturan tersebut mengatur beberapa perubahan terkait transformasi standar nasional dan akreditasi pendidikan tinggi. SPMI Politeknik ATMI Surakarta berupaya untuk memantau kepuasan pelanggan program studi, tenaga pendidik teori, dan tugas akhir. Politeknik ATMI Surakarta telah melakukan survey terkait kepuasan pelanggan program studi yang berasal dari mahasiswa. Hasil survey menunjukkan bahwa rata-rata nilai kepuasan pelanggan adalah sangat baik. Terlepas dari itu, masing-masing program studi diharapkan tetap memperhatikan saran dan masukan dari mahasiswa. Pada Monev Juli 2023 ini, Direktur Politeknik ATMI Surakarta Romo Dr. Ir. Adreas Sugijopranoto, S.J., S.S., M.Sc menyampaikan bahwa MOU dan MOA dengan perusahaan solar cell sudah ditanda tangani. Perusahaan tersebut sudah mulai mengerjakan proyek solar cell dan dengan senang hati mau berbagi ilmu dengan mahasiswa. Selain itu, berdasarkan hasil pertemuan beliau dengan beberapa institusi di Filipina, beliau menyatakan bahwa Politeknik ATMI memiliki potensi yang besar untuk melakukan kerjasama internasional yang dikarenakan banyak institusi luar negeri yang mau bekerjasama dengan Politeknik ATMI Surakarta. Hal ini merupakan sebuah peluang bagi Politeknik ATMI Surakarta dalam melakukan kerjasama internasional.

Rapat MONEV bulan Juli 2023 berjalan dengan lancar. Total peserta yang hadir berjumlah 19 orang. Capaian Operation plan bulan Juli ini sudah melampaui target. Diharapkan kedepannya semua peserta Monev dapat menyempatkan waktu untuk berdiskusi bersama mengenai OP dan situasi kondisi terbaru yang dialami tiap unit kerja.


Sumber : SPMI - Agus Kurniawan