Penanaman “Visi” dan “Misi” Baru Politeknik ATMI Surakarta Pada Kegiatan Monev Januari 2019.

04-04-2019 03:04:25

Berita

Hal yang mendasari berjalannya suatu organisasi adalah Visi dan Misi. Visi dan misi Politeknik ATMI Surakarta harus selaras dan mendukung tujuan Politeknik ATMI Surakarta sebagai peruntukannya untuk apa Politeknik ATMI Surakarta ini ada. Berdasarkan surat keputusan Politeknik ATMI Surakarta No. 001.005/ATMI/EDU/II/2019 tentang visi misi Politeknik ATMI Surakarta, Visi Politeknik ATMI Surakarta adalah “Politeknik ATMI Surakarta menjadi pusat unggulan (center of excellence) pendidikan vokasi yang inovatif, adaptif, membawa perubahan positif bagi dunia industri dan vokasi, dengan didukung civitas akademika yang profesional”. Misi Politeknik ATMI Surakarta adalah ”Mendidik kaum muda supaya dapat berperan membangun industri dan pendidikan vokasi berkelanjutan yang 1) menghormati martabat hidup manusia khususnya kaum marginal 2) bertanggungjawab atas keseimbangan lingkungan hidup 3) menghormati kebhinekaan 4) tanggap secara kritis terhadap kemajuan teknologi informasi”. Monev bulan Januari 2019 bertemakan visi dan misi. Tema ini dibahas pada forum diskusi monev bulan Januari 2019. Selain itu, unit kerja SPMI Politeknik ATMI Surakarta juga tetap mengecek dan memastikan ketercapaian operation plan yang telah ditetapkan untuk bulan Januari 2019.

Monev Januari 2018 dilakukan di ruang meeting Mikael pada tanggal 14 Februari 2019 dari jam 14.00 – 16.00. Kegiatan ini dihadiri 17 peserta dari 29 undangan yang terdiri dari direktur, wakil direktur, kepala program studi, manager dan kepala bengkel. Materi pada monev Januari 2019 tetap didapatkan oleh seluruh peserta melalui website spmi.atmi.ac.id. Susunan acara monev dimulai dari pembukaan (doa), menyanyikan lagu mars ATMI, informasi SPMI, informasi operation plan, forum diskusi kinerja politeknik, informasi manajemen, dan penutup.

Pencapaian laporan monev Politeknik ATMI Surakarta pada bulan Desember 2018 adalah 60,47% dari target 79,63%. Untuk laporan operation plan di bulan Januari 2019 pencapaiannya adalah 68,97% dari target 86,99% dengan jumlah laporan operation plan 10 laporan dan 3 laporan belum valid. Informasi pada monev Januari 2019 antara lain Laporan perkembangan IT terkait sistem informasi online yang mendukung industri 4.0. Sebagai awalnya, sistem informasi digunakan untuk pengelolaan data nilai dan perkembangan mahasiswa untuk informasi kepada orang tua atau stakeholder yang membutuhkan. Pengelolaan sistem informasi tetap dipusatkan di IT namun data isiannya tetap tanggung jawab program studi. Hal lain, tahap 2 pelaksanaan AMI 2019 akan dilaksanakan pada tanggal 18 Februari 2019. Khusus wadir 3 karena ada kegiatan lain yang lebih penting akan diaudit pata tanggal 26 Februari 2019. Tim Auditor beranggotakan 9 orang terdiri dari 1 lead auditor, 7 auditor dan 1 administrasi audit. Terkait visi dan misi, perubahan visi dan misi terjadi sebagai feedback kondisi ATMI dalam perayaan 50 th ATMI yang telah mengalami perubahan sangat pesat dengan bertambahnya jumlah mahasiswa dan program studi. Hal lain, Banyak sistem informasi dari Dikti yang harus diikuti sehingga perlu unit atau PIC yang memantau hal tersebut. Terkait mahasiswa bermasalah, setiap prodi terus melakukan pemantauan pembinaan terhadap mahasiswa tersebut seperti yang terjadi di TM dan MKT. Sarpras terus ditingkatkan dengan adanya TV 40 inchi untuk video pembelajaran dan penambahan wifi di laboratorium. Terkait sarpras juga, ruangan di lantai 3 dipercepat pembangunannya karena kegiatan praktek di MKT dan TPM membutuhkan ruangan tersebut. Terkait penelitaian, TPM melalui kegiatan PKM mahasiswa akan melakukan penelitian terkait mobil listrik. Program studi TRMA sudah melakukan pertemuan pertama kali dan membutuhkan waktu dan tenaga dalam menyiapkan pengajuan akreditasi. Terkait info manajemen, beberapa hal penting yang terjadi dibulan Januari 2019 antara lain 1) Visi - misi dan tindak lanjutnya 2) PMB - kuota mahasiswa per-prodi 3)Tawaran dari Kemenristekdikti 4) Tanggapan diskusi DAK.

Politeknik ATMI Surakarta telah merubah visi dan misi nya disesuaikan dengan perubahan yang terjadi selama 50 th eksis di Indonesia. Setiap civitas akademik harus mengetahui, memahami dan menerapkan visi dan misi Politeknik ATMI Surakarta yang baru tersebut. Tema untuk monev Februari 2019 adalah outcome dari pendidikan, penelitian.


Sumber : SPMI Politeknik ATMI Surakarta