“Karya” dan “Cipta” Politeknik ATMI Surakarta Pada Monev Februari 2019

05-04-2019 11:58:18

Berita

Salah satu indikator bahwa sebuah perguruan tinggi bermutu adalah dari output dan outcome berupa “Karya” dan “Cipta” yang dihasilkan dari pelaksanaan kegiatan tridharma perguruan tinggi. Outcome dari pendidikan berupa jumlah calon mahasiswa yang mendaftar di Politeknik ATMI Surakarta dan terseapnya lulusan dengan cepat di dunia industri, pemerintahan atau pendidikan. Outcome dari penelitian adalah jumlah jurnal atau artikel yang diseminarkan dalam 1 tahun terakhir baik di tingkat nasional dan international. Outcome pengabdian masyarakat adalah banyaknya civitas akademik yang ikut dalam pengabdian kepada masyarakat berupa penerapan hasil penelitian, narasumber dalam suatu seminar atau lokakarya dan permintaan dari pemerintah sebagai tenaga ahli. Monev bulan Februari 2019 bertemakan karya dan cipta. Tema ini dibahas pada forum diskusi monev bulan Februari 2019. Selain itu, unit kerja SPMI Politeknik ATMI Surakarta juga tetap mengecek dan memastikan ketercapaian operation plan yang telah ditetapkan untuk bulan Februari 2019.

Monev Februari 2018 dilakukan di ruang meeting Mikael pada tanggal 6 Maret 2019 dari jam 14.00 – 16.00. Kegiatan ini dihadiri 30 peserta dari 38 undangan yang terdiri dari direktur, wakil direktur, kepala program studi, manager dan kepala bengkel. Materi pada monev Februari 2019 dapat dilihat oleh seluruh peserta melalui website spmi.atmi.ac.id. Susunan acara monev dimulai dari pembukaan (doa), menyanyikan lagu mars ATMI, informasi SPMI, informasi operation plan, forum diskusi kinerja politeknik, informasi manajemen, dan penutup.

Pencapaian laporan monev Politeknik ATMI Surakarta pada bulan Januari 2018 adalah 68,97% dari target 86,99%. Untuk laporan operation plan di bulan Februari 2019 pencapaiannya adalah 85,12% dari target 100% dengan jumlah laporan operation plan 17 laporan dan 8 laporan belum valid. Informasi pada monev Februari 2019 antara lain Audit Mutu Internal sudah selesai dilaksanakan dan hasil dari temuan AMI 2019 adalah 1) Observasi + = 12 2) Observasi - = 15 3) Minor 7. Trend temuan terbanyak adalah di monitoring evaluasi (14) dan perencanaan (11). Selain itu, kegiatan tinjauan manajemen 2019 akan dimulai. Pelaksanaannya dimulai dari awal Maret 2019 sampai akhir Mei 2019. Ketua Panitia Manrev 2019 adalah mas Oscar dan mas Misgi dibantu oleh 5 panitia inti yang lainnya. Terkait Outcome pendidikan, penelitian dan pengabdian ada beberapa hal penting yaitu Politeknik ATMI Surakarta mendukung penuh bagi Dosen atau Instruktur yang akan ikut dalam seminar atau jurnal ilmiah mulai dari awal sampai akhir dengan catatan karyanya tersebut telah diterima dan akan publish. Biaya terkait penelitian sudah disampaikan ke masing – masing Kaprodi. Terkait pendidikan, beberapa orang berharap sistem SIAAK bisa segera dimanfaatkan oleh Politeknik ATMI Surakarta untuk menginformasikan hasil pendidikan mahasiswa ke orang tuanya. Namun demikian, sistem SIAAK belum bisa dimanfaatkan untuk hal tersebut hanya untuk pelaporan di sistem Forlap, PD Dikti dan Feeder. Perlu dibuatkan program interface sendiri seperti SIAAK untuk penilaian mahasiswa. Hal lain, ada 4 (empat) siswa PKL yang bermasalah dan 2 anak PKL telah mendapatkan surat peringatan dari sekolah asalnya. Kejadian ini telah ditangani oleh unit kerja training center bekerjasama dengan sekolah yang bersangkutan.
Terkait info manajemen, beberapa hal yang disampaikan pada bulan Februari 2019 antara lain 1) Rabu Abu makin tergerak untuk berbagi berkat APP 2019 2) Ada yang sudah selesai tugas studinya (UNS) 3) Banyak tugas – tugas baru 4) Seminar terkait Pemilu oleh KPU kepada Mahasiswa 5) Penyusunan Kalender Akademik 6) Manajemen Review 2019.

Pada tahun Politik 2019 Politeknik ATMI Surakarta telah berbenah diri menyambut pemilihan umum 2019. Semua hasil pendidikan, penelitian dan pengabdian selalu ditingkatkan sehingga sesuai dengan persyaratan Dikti dan bermanfaat bagi masyarakat melalui hilirisasi penelitian. Tema untuk monev Maret 2019 adalah analisa dan evaluasi hasil pendidikan, penelitian dan pengabdian.


Sumber : SPMI Politeknik ATMI Surakarta