Penambahan SDM “Auditor Internal” Demi Menunjang Kegiatan Audit Internal

15-10-2018 10:10:16

Berita

Kinerja suatu institusi dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatannya perlu dilakukan audit internal. Politeknik ATMI Surakarta yang telah mengikuti sistem manajemen mutu ISO9001 sejak 2001 selalu melakukan audit internal minimal 1 kali setahun. Agar hasil audit benar-benar valid, Politeknik ATMI Surakarta melatih beberapa orang yang kompeten untuk menjadi seorang auditor. Saat ini, Politeknik ATMI Surakarta memiliki 1 lead auditor dan 5 auditor internal bersetifikat. Jumlah tersebut dirasa kurang karena jumlah SDM di Politeknik ATMI Surakarta sebanyak 100 orang dosen dan tenaga kependidikan serta 620 orang mahasiswa. Selain itu, Politeknik ATMI Surakarta juga harus melakukan regenerasi auditor internalnya. Oleh karena itu, Politeknik ATMI Surakarta melalui unit kerja SPMI mengajukan penambahan auditor internal dengan mengikuti pelatihan auditor internal.
Kegiatan pelatihan auditor internal dilaksanakan di The Phoenix Hotel Yogyakarta dengan alamat Jalan Jenderal Sudirman No. 9 Yogyakarta. Penyelenggaranya adalah TUV Rheinland Yogyakarta. Waktu pelaksanaannya hari Kamis dan Jumat tanggal 20 dan 21 September 2018 dari jam 08.30 – 16.00. Kegiatan ini dihadiri 18 peserta beberapa institusi. Agenda kegiatan hari pertama dimulai dari review ISO9001:2015, ISO19011:2018, Implementing Audit Program, How to Conduct On-Site Audit, dan NCR Exercise. Pada hari kedua agenda kegiatannya adalah Evaluating Auditor Competency, Audit Simulation, Making of Audits Findings, Review and Sharing, dan Post Test. Politeknik ATMI Surakarta mengikutsertakan 2 orang dosen yaitu bapak Bayu Prabandono dan Ibu Fenty Pandansari.
Bapak Bayu Prabandono dan Ibu Fenty Pandansari telah mengikuti pelatihan auditor internal di The Phoenix Hotel Yogyakarta selama 2 hari. Kedua dosen tersebut dinyatakan kompeten dan lulus sebagai auditor internal dengan nilai post test nya berturut-turut 94 dan 96 sehingga beliau berdua berhak mendapatkan sertifikat auditor internal. Ini adalah prestasi yang luar biasa yang telah diraih oleh kedua dosen tersebut selama mengikuti pelatihan auditor internal tersebut. Selain itu, Unit Kerja SPMI Politeknik ATMI Surakarta mendapatkan informasi yang terbaru terkait standar ISO9001:2015, ISO19011:2018 terkait audit plan dan standar ISO yang lainnya sehingga menambah ilmu pengetahuan terkait peraturan standar ISO.
Proficiat kami ucapkan kepada bapak Bayu Prabandono dan Ibu Fenty Pandansari atas prestasi yang telah diraihnya dan selamat bergabung di tim auditor internal Politeknik ATMI Surakarta.



Sumber : SPMI Politeknik ATMI Surakarta